IHSG (ANT/M Agung Rajasa).
IHSG (ANT/M Agung Rajasa).

Jumlah Sedekah Saham Telah Capai Rp90 Juta

Ekonomi saham
Dian Ihsan Siregar • 04 Juni 2018 14:24
Jakarta: Sejak pertama kali dikeluarkan di akhir Desember 2017 hingga saat ini, jumlah masyarakat yang ‎bersedekah lewat program trading barokah Sazadah yang dijalankan oleh ‎PT Henan Putihrai Sekuritas telah mencapai Rp90 juta. ‎Namun masih ada dana tunai hingga ratusan juta rupiah yang langsung masuk ke rekening Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).
 
‎Dana sedekah saham tersebut didapatkan dari akumulasi empat saham yakni PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA), PT Chandra Asri Petrochemical, PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT), serta PT Campina Ice Cream Industry Tbk (CAMP).
 
"‎Saham Chandra Asri itu ada 10 ribu lembar saham dan saham Waskita ada 500 lembar saham, WIKA ada 300 lembar saham dan dari CAMP itu ada 6800 lembar saham. Jadi di akumulasi sekitar Rp90 juta. Masih ada juga cash Rp135 juta yang masuk ke rekening Baznas," ucap Executive Director Head of Operations Henan Putihrai Sekuritas Mohamad Yunus‎, ditemui di Gedung BEI, SCBD Sudirman, Jakarta, Senin, 4 Juni 2018.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengatakan angka sedekah saham mengalami peningkatan yang cukup positif. Dia mengharapkan, jumlah sedekah saham lewat Henan Sekuritas bisa bertambai seiring ‎kerja keras Baznas, PT Bursa Efek Indonesia (BEI), dan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) untuk terus menerus mensosialisasikan program trading barokah Sazadah. "Agar terus berjalan, sosialisasikan hingga banyak daerah. Pada saat launching yang lalu, saat itu ada yang memberikan tunai. Henan hanya fasilitator dan masuk ke rekening Baznas langsung," jelas dia.
 
Keunggulan sedekah lewat saham, sambung dia, jika harga saham yang dipilih mengalami peningkatan terus menerus, maka nilai yang disedekahkan akan ikut meningkat pula.
"Jadi tergantung harga pasar. Tapi, untuk si pemberi selesai setelah melakukan pembelian, tinggal dihitung pada nominal berapa," ungkap dia.
 
Untuk target sedekah saham, sambung dia, tidak ada batasan yang diharapkan karena, amalan sedekah dan zakat akan jalan terus menerus. Namun, tingkat trading barokah akan mengalami peningkatan pada bulan Ramadan. "Jadi kami masih menunggu untuk nasabah yang mau bersedekah atau mengeluarkan zakatnya dalam bentuk saham," tegas dia.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif