Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Tito Sulistio (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Tito Sulistio (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Anak Muda Mulai Ramai jadi Investor di Pasar Modal

Ekonomi ihsg bursa efek saham bursa saham bei pasar modal
Dian Ihsan Siregar • 28 Desember 2017 11:51
Jakarta: Anak muda zaman sekarang terlihat mulai minat berinvestasi di pasar modal dengan harapan bisa memperbesar pundi-pundi kekayaannya. Ini merupakan hal positif dan diharapkan jumlah anak muda yang menjadi investor di pasar modal bisa terus mengalami kenaikan di masa-masa yang akan datantg.
 
Berdasarkan data PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) hingga 20 Desember 2017, total investor sudah mencapai sebesar 1,12 juta. Dari jumlah tersebut, investor yang berada di rentang umur 21-30 tahun memiliki porsi 26,24 persen. Ada harapan agar komposisi ini bisa terus meningkat dan nantinya memberi efek positif terhadap industri pasar modal.
 
Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio mengklaim banyaknya kalangan muda yang berinvestasi di saham lantaran merupakan hasil dari sejumlah upaya bursa yang mengajak para mahasiswa untuk melakukan investasi. Hal ini terlihat dari galeri investasi yang dimiliki bursa telah mencapai 350 universitas di seluruh wilayah di Indonesia.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bayangkan universitas itu setiap tahunnya ada 1.000 orang yang masuk dan 1.000 orang yang keluar. Begitu besar," kata Tito, ditemui di Gedung BEI, SCBD Sudirman, Jakarta, Kamis, 28 Desember 2017.
 
Meski telah banyak porsinya, kata Tito, tapi nilai investasinya belum begitu besar. Akhirnya dampak ke kapitalisasi pasar atau market cap bursa tidak terlalu besar. Perlu ada upaya bersama agar kondisi ini bisa diperbaiki dan angka kapitalisasi pasar bisa terus meningkat dari waktu ke waktu.
 
"Tapi yang kami lihat mereka hasilnya akan terlihat di lima tahun ke depan. Tapi untuk usia yang tua juga belum tentu besar investasinya," tegas Tito, yang sempat mengenyam karir di PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP).
 
Lebih lanjut, Tito optimistis, invstor muda akan mengerek portofolio investasinya. Hal itu sejalan dengan meningkatnya biaya hidup kalangan muda saat ini. "Kami yakin mereka akan tingkatkan investasinya," pungkas dia.
 

 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif