Illustrasi. MI/RAMDANI.
Illustrasi. MI/RAMDANI.

Pemilu Tak Banyak Berpengaruh pada Harga Saham

Ekonomi ihsg
Nia Deviyana • 20 Maret 2019 19:59
Jakarta: Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djajadi optimistis gelaran Pemilihan Umum (Pemilu) tidak banyak memberi pengaruh pada indeks harga saham domestik.
 
"Dalam waktu dekat kita ada pilpres. Pasti kita menebak indeksnya bagaimana. Saya hanya ingin katakan, untuk tiga pemilu sebelumnya korelasinya tidak terlalu terihat banyak," ujar Inarno saat mengisi diskusi di Gedung BEI, Jakarta, Rabu, 20 Maret 2019.
 
Alih-alih pemilu, lanjut Inarno, yang menjadi tantangan domestik justru kinerja keuangan para emiten sepanjang tahun. BEI masih menunggu laporan keuangan emiten sepanjang 2018 apakah menunjukkan kinerja positif atau tidak.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita harapkan semoga kinerjanya cukup baik," tambah Inarno.
 
Selain itu, Inarno mengakui pasar modal masih kurang dalam menyediakan produk-produk investasi sehingga ke depan akan terus diperbanyak, terutama produk investasi derivatif.
 
Tantangan domestik lainnya, lanjut Inarno, berkaitan dengan kebijakan Bank Indonesia yang diramalkan mempertahankan suku bunga acuan atau BI 7-Days Repo Rate (BI 7DRR) sebesar enam persen, neraca transaksi berjalan yang masih defisit, serta masalah sumber daya manusia.
 
Sementara itu, tekanan global juga memengaruhi pergerakan indeks harga saham, terutama kebijakan The Fed dalam menaikkan suku bunga acuan.
 
Selain itu, beberapa kondisi seperti ketegangan perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok yang tidak juga mendapat titik temu juga turut menjadi tantangan pada tahun ini di samping ketidakpastian brexit, perlambatan ekonomi global, serta harga minyak dunia yang masih naik-turun.
 
"Tapi dengan segala tantangan itu kami tetap berupaya menjadi pusat penyelenggara perdagangan efek yang terpercaya. Visi misi dan core value terus kita kedepankan untuk menjadi bursa yang kompetitif dan kredibel di tingkat dunia," pungkasnya.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif