Selama Dua Pekan April, Modal Asing Masuk USD800 Juta

Eko Nordiansyah 19 April 2018 23:11 WIB
Selama Dua Pekan April, Modal Asing Masuk USD800 Juta
Deputi Gubernur BI Dodi Waluyo. Medcom/Desi A.
Jakarta: Bank Indonesia (BI) mencatat arus modal asing masuk (inflow) ke Indonesia selama dua pekan pertama April sebesar USD800 juta. Masuknya dana asing tersebut tak lepas dari pengaruh sentimen positif terhadap prospek ekonomi Indonesia.

"Angka terakhir sekitar USD800 juta in nett masuk ke dalam semua instrumen yang ada," kata Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis, 19 April 2018.

Dirinya menambahkan, salah satu sentimen positif adalah kenaikan peringkat utang dari lembaga pemeringkat internasional Moody's Investor Service. Sebelumnya Indonesia berada di level Baa3, kemudian menjadi Baa2 dengan outlook stabil.

Selain itu, obligasi global dalam mata uang rupiah juga akan masuk ke dalam Global Aggregate Index Bloomberg Barclays. Dengan masuknya obligasi global berdenominasi rupiah maka, surat utang global yang diterbitkan akan lebih diperhitungkan dunia.

"Indikator-indikator kita banyak yang positif dan dalam waktu dekat kita masuk ke dalam global bond index SUN kita. Ini memberikan gambaran bahwa asing memberikan keyakinan kepada Indonesia," jelas dia.

Lebih lanjut, Dody menyebutkan, kondisi eksternal masih bisa mempengaruhi jumlah arus modal yang masuk ke Indonesia. Sementara kondisi di dalam negeri juga masih berpotensi memberikan sentimen positif terhadap arus modal masuk.

"Banyak hal positif yang bisa kita ceritakan, di tengah-tengah orang melihat inflasi akan naik. Untuk apa naik? Juga melihat current account meningkat. Ya meningkat, tetapi kalau impornya untuk barang modal dan bahan baku, kenapa dikhawatirkan," pungkasnya.

 

(SAW)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id