Illustrasi. MI/RAMDANI.
Illustrasi. MI/RAMDANI.

Memburuknya Ekonomi AS Berkah bagi Rupiah

Ekonomi rupiah menguat
Eko Nordiansyah • 28 Januari 2019 16:20
Jakarta: Indonesia bisa mengambil momentum dari penutupan (shutdown) pemerintahan Amerika Serikat (AS). Salah satunya adalah keniakan mata uang rupiah terhadap dolar AS yang mungkin berlanjut sampai dengan kepastian dari selesainya shutdown AS.
 
"Mungkin rupiah tidak melemah lagi," kata Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Aviliani ditemui di Kantor ISEI, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin, 28 Januari 2019.
 
Dirinya menambahkan, pergerakan kondisi di Negara Paman Sam tersebut juga berpotensi memunculkan resesi. Ini bisa dilihat dari permintaan suku bunga yang lebih tinggi untuk jangka waktu dua tahun dibandingkan 10 tahun.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Itu ciri-ciri negara bisa jadi krisis atau resesi karena kalau jangka pendek berarti dia melihat ada ketidakpastian di AS. Jadi aliran dana sudah mulai masuk Indonesia lagi," jelas dia.
 
Menurut dia, kalaupun shutdown selesai tidak berarti ketidakpastian di AS selesai. Pasalnya permintaan Presiden AS Donald Trump juga tidak dengan mudah bisa dipenuhi oleh Senat yang dikuasai Demokrat.
 
"Belum tentu dipenuhi juga anggarannya, Demokrat sekarang cukup kuat juga. Jadi akan ada banyak friksi-friksi yang membuat ketidakpastian. Jadi saya rasa ini momentum bagus buat kita untuk itu," pungkasnya.
 


 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif