NEWSTICKER
Illustrasi. MI/Panca.
Illustrasi. MI/Panca.

Analis: Tahun Politik, Investor Menghindari Saham Berisiko

Ekonomi saham
Dian Ihsan Siregar • 19 Desember 2017 19:00
Jakarta: Head of Research Infinitum Advisory Agustini Hamid mengungkapkan investor menghindari saham-saham yang berisiko pada tahun politik 2018-2019. Salah satunya yakni saham di sektor komoditas.
 
"Saham komoditas lebih terdampak dari risiko pasar, termasuk di dalamnya risiko politik yang tidak bisa dihindari investor," ungkap Agustini, saat ditemui di Gedung BEI, Jakarta, Selasa, 19 Desember 2017.
 
Dia mencontohkan salah satunya saham PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS). Saham perseroan akan tertekan oleh risiko politik terkait. Dia menilai, saham perseroan sudah tergerus 42,6 persen sepanjang tahun ini.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengatakan, rencana pembentukan induk usaha energi memberi sentimen negatif terhadap pergerakan harga saham PGAS. Bahkan sejak rencana itu mulai kencang dihembuskan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tahun lalu.
 
Dia menjelaskan, bisnis usaha PGAS terdiri dari lini bisnis yakni transmisi dan distribusi yang keduanya terkait dengan kebijakan pemerintah. "Kalau laporan keuanganya terganggu pasti akan berpengaruh pada sahamnya," ujar dia.
 
Pada penutupan perdagangan hari ini saham PGAS dipatol Rp1765 per lembar saham atau turun lima poin ketimbang dengan perdagangan saham pada pembukaan perdagangan. Kapitalissi pasarnya mencapai Rp42,7 triliun.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif