Pelemahan USD Diproyeksikan Buat Rupiah Perkasa

Annisa ayu artanti 08 Agustus 2018 08:31 WIB
kurs rupiah
Pelemahan USD Diproyeksikan Buat Rupiah Perkasa
Ilustrasi (MI/Atet Dwi Permata)
Jakarta: Pergerakan nilai tukar rupiah hari ini diperkirakan menguat seiring melemahnya dolar Amerika Serikat (USD). Rupiah diproyeksikan bergerak di kisaran Rp14.438 sampai Rp14.422 per USD, sejalan dengan hadirnya katalis positif dari dalam negeri seperti tingginya pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal II-2018.

Senior Analyst CSA Research Institute Reza Priyambada menilai pergerakan rupiah masih dapat bergerak positif dengan memanfaatkan melemahnya laju USD terhadap sejumlah mata uang utama dunia meski dari dalam negeri terdapat sentimen negatif.

"Diperkirakan akan bergerak di kisaran Rp14.438 sampai Rp14.422 per USD," kata Reza, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Rabu, 8 Agustus 2018.

Reza menjelaskan pergerakan USD yang kembali melemah terutama terhadap sejumlah mata uang utama global terjadi seiring dengan mulai stabilnya pergerakan yuan Tiongkok (CNY) yang sebelumnya cenderung terdepresiasi. Pergerakan USD sebelumnya menguat seiring dengan sentimen perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok.

Sementara itu, dari dalam negeri. meski rilis cadangan devisa Indonesia menurun hingga USD1,5 miliar di akhir Juli 2018 di mana stabilisasi nilai tukar menjadi faktor dominan penurunan tersebut, namun laju rupiah mampu bertahan naik.

"Sepertinya pelaku pasar memanfaatkan pelemahan USD tersebut dibandingkan dengan merespons penurunan cadangan devisa," ujar Reza, seraya menambahkan bahwa pelaku pasar diprediksi kembali melepas USD dengan memanfaatkan sudah tingginya nilai USD sambil mencermati berbagai sentimen yang ada.

 



(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id