Ilustrasi (Foto: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti)
Ilustrasi (Foto: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti)

Emiten Bisa Ajukan Perubahan Kode Saham

Ekonomi ihsg emiten bei pasar modal
Nia Deviyana • 26 Desember 2018 13:26
Jakarta: Bursa Efek Indonesia (BEI) sedang mempersiapkan peraturan i-suite yang memungkinkan emiten melakukan perubahan kode saham. Draf peraturan saat ini telah diserahkan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk dibahas dan nantinya diharapkan bisa disetujui.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI IGD Nyoman Yetna Setya mengatakan sejauh ini sudah ada beberapa emiten yang ingin mengubah kode saham mereka. Namun ia belum bisa menyebut berapa jumlahya.

"Sudah ada permohonan dari beberapa emiten. Kami akan melakukan konfirmasi kembali. Setelah aturan itu, kami jadi berwenang untuk mengubah," ujar Nyoman, saat di Gedung BEI, Jakarta, Rabu, 26 Desember 2018.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Nyoman melanjutkan ada beberapa syarat agar kode saham emiten bisa diubah, misalnya, perusahaan mengalami perubahan mendasar yakni dari segi nama emiten, pemegang saham pengendali, dan lini bisnis utama sehingga harus ada penyelarasan kode ticker. Kode saham, kata Nyoman, secara tidak langsung menjadi representasi sebuah perusahaan. Setelah peraturannya terbit, emiten yang ingin memanfaatkan fasilitas tersebut bisa mengajukan permohonan dengan menyertakan alasannya.

Adapun peraturan ini diperkirakan baru bisa diwujudkan tahun depan. "Mereka bisa mengajukan nama ticker namun kami akan periksa kembali ketersediaan dan tidak menimbulkan konotasi negatif," pungkasnya.


(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi