Ilustrasi (Foto: Medcom.id/Desi Angriani)
Ilustrasi (Foto: Medcom.id/Desi Angriani)

Defisit Neraca Dagang Buat IHSG Kian Lemas

Ekonomi ihsg
Annisa ayu artanti • 16 Mei 2019 08:32
Jakarta: Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi masih melanjutkan pelemahan di mana sebelumnya melemah cukup dalam yakni 1,49 persen ke level 5.980,89 pada perdagangan kemarin. Tentu diharapkan terdapat katalis positif yang bisa membuat nilai tukar rupiah berbalik ke zona hijau.
 
Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper menjelaskan, selain faktor global yang terus memberi tekanan pada bursa saham global, data neraca perdagangan dalam negeri yang seharusnya menjadi penopang gerak indeks justru memberikan kontribusi dalam pelemahan indeks.
 
Adapun neraca perdagangan pada April 2019 defisit sebesar USD2,50 miliar. Nilai minus tersebut bisa dikatakan yang terdalam sepanjang 2019. "Data neraca perdagangan yang kurang baik menurunkan optimisme investor," kata Dennies, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Kamis, 16 Mei 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dennies menjelaskan, data neraca perdagangan tersebut jauh di bawah ekspektasi investor sehingga menurunkan optimisme pasar. Hari ini Dennies memperkirakan laju indeks akan bergerak di rentang support 5.895-5.937 dan resistance 6.064-6.149.
 
"IHSG diprediksi melemah. Secara teknikal mengindikasikan pelemahan masih akan berlanjut," ucap dia.
 
Analis Binaartha Parama Sekuritas Muhammad Nafan Aji Gustama mengatakan laju indeks akan mengalami tekanan lanjutan. IHSG diprediksi akan terperosok ke zona merah pada support dan resistance di level 5.896-6.149.
 
"Terlihat masih ada pola tertekan lanjutan pada pergerakan IHSG hari ini," ungkap Nafan.
 
Beberapa menu saham yang masih bisa dicermati dalam kondisi saat ini adalah saham PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE), PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Elnusa Tbk (ELSA), dan PT Kalbe Farma Tbk (KLBF)
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif