Ilustrasi (Foto: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti)
Ilustrasi (Foto: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti)

Indeks Saham Acuan Indonesia Diramal Tertahan

Ekonomi ihsg
Annisa ayu artanti • 14 Agustus 2019 08:30
Jakarta: Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini diprediksi masih melanjutkan pelemahan. Sentimen negatif utama masih bakal datang dari kondisi Hong Kong yang memicu aksi jual investor. Meski demikian diharapkan katalis positif bisa segera berdatangan guna membuat IHSG berbalik arah ke zona hijau.
 
Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper mengatakan protes yang terjadi di Hong Kong menjadi sentimen tambahan selain perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok yang belum berakhir.
 
"Tekanan dari global diperkirakan masih memengaruhi pergerakan IHSG hari ini. IHSG diprediksi melemah," kata Dennies, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Rabu, 14 Agustus 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menambahkan bahwa IHSG akan diperdagangkan di level support 6.189-6.167 dan resistance 6.242-6.273.
 
Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi mengatakan dalam risetnya bahwa aksi jual bersih pada perdagangan kemarin mencapai USD1,03 triliun dengan saham yang paling banyak di jual adalah saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Astra International Tbk (ASII), dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI).
 
Lanjar memprediksi pergerakan indeks hari ini menguat terbatas dan tertahan di level 6.200. Pergerakan indeks hari ini bergantung pada angka Produk Domestik Bruto (PDB) zona Eropa minggu ini dan laporan produksi industri dari Tiongkok dan Amerika Serikat.
 
"Diproyeksikan IHSG bergerak menguat terbatas bertahan di atas level 6.200 meskipun dalam pergerakan yang cukup berat pada support dan resistance 6.180-6.257," kata Lanjar.
 
Beberapa saham yang direkomendasikan hari ini adalah saham PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), PT Gudang Garam Tbk (GGRM), PT Astra International Tbk (ASII), PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT United Tractors Tbk (UNTR), dan PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI).
 

(ABD)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif