IPO SOSS Sempat tak Dilirik Investor
Suasana listing perdana emiten SOSS. (FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu)
Jakarta: PT Shield On Service Tbk (SOSS) melakukan aksi korporasinya untuk melantai di bursa. SOSS melepas saham ke publik melalui penawaran saham perdana (initial public offering/IPO) sebanyak 150 juta saham atau 23,08 persen saham dari jumlah modal ditempatkan dan disetor. Saham itu ditawarkan dengan harga Rp275 per lembar saham.

Direktur Utama SOSS Herman Julianto berharap dapat meraup dana segar dari aksi korporasi ini sebanyak Rp41,25 miliar. Dana itu akan digunakan untuk pelunasan utang kepada AB Sinarmas Multifinance, penyertaan saham kepada PT Human Resource Provider (HRP), dan modal kerja.

"Pencatatan saham ini merupakan bukti komitmen kami kepada para stakeholders dan rekanan," kata Herman membuka sambutan di Gedung BEI, Jakarta, Selasa, 6 November 2018.

Namun sayangnya, niat perusaahan untuk meraih dana segar itu tidak berjalan mulus. Pada saat perdana listing saham SOSS itu tidak dilirik investor selama kurang lebih tujuh menit.

Lalu, setelah itu saham perusahaan yang bergerak di bidang penyedia jasa keamanan, perawatan gedung, sumber daya manusia, dan manajemen parkir itu bergerak naik 138 poin atau 50 persen ke level Rp 414 dari harga IPO Rp 275. Saham SOSS ditransaksikan sebanyak dua kali dengan volume sebanyak tiga lot dan menghasilkan nilai transaksi Rp124.200.

Dalam aksi korporasi ini, PT Sinarmas Sekuritas dipercaya sebagai penjamin pelaksana emisi efek.

Sementara itu, Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna berpesan kepada SOSS setelah menjadi perusahaan publik untuk terus menjalin komunikasi dengan para investor.

"Semoga Shield on Service dapat menerapkan public govarnance yang lebih ter-maintain dan juga menjadi leading company pascamomentum IPO," ucap Nyoman.

Pendapatan bersih perseroan pada 30 April 2018 tercatat sebesar Rp191,5 miliar. Laba berjalan per 30 April 2018 sebesar Rp1,4 miliar.

 



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id