Rupiah Berpeluang Terlibas Dolar Amerika Serikat
Ilustrasi (MI/SUSANTO)
Jakarta: Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) diperkirakan bergerak sideways dan cenderung menuju pelemahan. Meski demikian, sejumlah katalis positif diharapkan bisa terus berdatangan agar nilai tukar rupiah bisa berbalik arah ke zona hijau.

Senior Analyst CSA Research Institute Reza Priyambada mengatakan pelemahan rupiah terjadi karena pergerakan USD yang mengalami penguatan. Nilai tukar rupiah hari ini akan bergerak pada rentang Rp15.218 sampai Rp15.231 per USD.

"Rupiah diperkirakan juga dapat mengalami pelemahan dalam pergerakan intraday-nya seiring kembali terapresiasinya USD," kata Reza, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Rabu, 31 Oktober 2018.

Perkiraan penguatan USD hari ini, Reza menuturkan, karena adanya sejumlah sentimen positif yang membuat USD kembali perkasa. Sementara itu, di dalam negeri belum ada sentimen yang cukup kuat untuk menahan kondisi itu.

"Adanya sejumlah sentimen yang membuat USD meningkat tentunya berimbas negatif pada rupiah. Apalagi sentimen dari dalam negeri dianggap belum ada yang dapat mengangkat rupiah secara signifikan," jelas dia.

Sementara itu, pergerakan rupiah pada perdagangan kemarin dan kembali melemah terjadi karena melemahnya laju mata uang Eropa (EUR) seiring dengan keputusan Angela Merkel. Merkel tidak ingin kembali mencalonkan diri menjadi Perdana Menteri Jerman yang membuat pelaku pasar bersikap negatif.

Merkel yang dianggap sebagai salah seorang berpengaruh di Uni Eropa terutama dalam pembentukan zona euro memutuskan hal tersebut sehingga membuat pelaku pasar mengkhawatirkan akan masa depan zona euro yang kemudian berimbas pada tertekannya EUR pada perdagangan valas global.

"Dengan pelemahan tersebut berimbas pada menguatnya laju USD," pungkas dia.



(ABD)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id