Ilustrasi. (FOTO: MI/Panca Syurkani)
Ilustrasi. (FOTO: MI/Panca Syurkani)

Refinancing, PGN Bakal Terbitkan Bond Tahun Ini

Ekonomi perusahaan gas negara (pgn)
Annisa ayu artanti • 10 Juni 2019 20:03
Jakarta: PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) berencana menerbitkan surat utang atau bond untuk refinancing keuangan perseroan.
 
Direktur Utama PGN Gigih Prakoso mengatakan saat ini aksi korporasi tersebut sedang dalam pembahasan. Paling tidak, tahun ini perusahaan akan menerbitkan surat utang tersebut.
 
"Kita akan refinancing. Rencana kita kaji apa mau menerbitkan bond atau corporate loan. Rencana tahun ini," kata Gigih saat ditemui di Gedung Sinergi 8, Komplek Kementerian BUMN, Jakarta, Senin, 10 Juni 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gigih menjelaskan pada awal tahun PGN telah mengeluarkan anggaran yang cukup besar untuk mengakuisisi 51 persen saham anak usaha PT Pertamina (Persero), PT Pertamina Gas (Pertagas).
 
Sepertiga dana akuisisi tersebut dikeluarkan menggunakan kas internal dan sisanya berasal dari perbankan dan obligasi.
 
"(Obligasi) Untuk refinancing yang kemarin," ujar dia.
 
Di sisi lain, Gigih juga menjelaskan mengenai belanja modal (capital expenditure/capex) perusahaan. Hingga kini pencapaian capex perusahaan sudah mencapai 40 persen dari total capex USD500 juta. Sebagian besar kegunaan capex tersebut digunakan untuk program pipanisasi.
 
"Itu (capex) pencapaian 30-40 persen dari USD500 juta. Utamanya buat proyek pipanisasi," jelas dia.
 
Pada kuartal II, perusahaan akan mengebut pembangunan jaringan rumah tangga. Tahun ini perseroan mendapat penugasan 90 ribu sambungan rumah tangga (SR). Anggaran pembangunan jargas sebagian besar menggunakan APBN.
 
"Jaringan gas itu projek penugasan pemerintah. Untuk 2020-2021, itu akan ditugaskan membangun satu juta jaringan baru. Kita sendiri tahun ini dapat juga penugasan sebesar 90 ribu sambungan dari APBN," tukas dia.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif