Illustasi. MI/Rommy.
Illustasi. MI/Rommy.

Rupiah Melemah Tipis, IHSG Terkoreksi

Ekonomi ihsg rupiah
10 April 2019 17:07
Jakarta: Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ambruk pada penutupan perdagangan hari ini. Lagi-lagi melemahnya rupiah diikuti dengan gerak rupiah yang melemah terhadap mata uang Paman Sam.
 
IHSG jatuh 6,022 poin atau 0,09 persen menjadi 6.478 pada penutupan Rabu, 10 April 2018. IHSG bergerak dalam rentang 6.456 hingga 6.487 pada perdagangan hari ini. Volume perdagangan sebesar 12,9 miliar lembar saham dengan nilai Rp8 triliun. Sebanyak 149 saham naik dan 237 saham turun serta 130 saham tak bergerak.
 
Sentimen IHSG terimbas dari melemahnya bursa saham global. Bursa saham AS dan Eropa kompak ditutup melemah, setelah IMF memangkas outlook ekonomi global 2019 dari 3,5 persen menjadi 3,3 persen. Pertumbuhan diprediksi menjadi yang terlambat sejak 2009.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


IMF sudah tiga kali memangkas outlook ekonomi global dalam enam bulan terakhir. Hal yang mendasari IMF untuk memangkas outlook adalah meningkatnya tensi perang dagang serta ketatnya kebijakan moneter dari Bank Sentral AS.
 
Selain itu, adanya ancaman perang dagang antara AS dan Uni Eropa juga membebani pergerakan saham global. The US Trade Representative (USTR) mengusulkan daftar produk Uni Eropa yang akan dikenakan tarif sebagai pembalasan atas kebijakan subsidi pesawat Eropa.
 
Dengan langkah itu, USTR siap membalas kerugian yang diderita AS senilai lebih dari USD11 miliar dari kebijakan subsidi yang diberlakukan UE untuk pabrikan pesawat Airbus.
 
Samuel Sekuritas Indonesia memperkirakan hari ini IHSG akan bergerak turun menyusul pergerakan bursa Asia yang juga melemah mengikuti pergerakan bursa AS dan Eropa.
 
Sementara itu, Bloomberg melansir mata uang rupiah melemah 19,5 poin dengan berada pada Rp14.152 per USD. Kemudian Yahoo finance mencatat mata uang rupiah melemah 20 poin dengan berada pada Rp14.150 per USD. Bank Indonesia mencatat mata uang rupiah mnelemah lima poin dengan berada pada Rp14.155 per USD.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif