Elemen Pasar Modal Siap Terapkan T+2
Ilustrasi (Foto: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti)
Surakarta: Bursa Efek Indonesia (BEI) memastikan persiapan penerapan percepatan penyelesaian transaksi bursa (settlement) T+2 tidak ada kendala. Bursa menyatakan seluruh elemen pasar modal siap menerapkan kebijakan baru tersebut.

Siklus penyelesaian bursa T+2 merupakan penyelesaian penyerahan efek oleh pihak penjual dan penyerahan dana oleh pihak pembeli dilakukan pada hari bursa kedua setelah terjadinya transaksi bursa. Rencananya T+2 akan mulai diterapkan pada 26 November 2018.

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Laksono Widodo mengatakan seluruh peserta pasar modal sudah 100 persen siap menerapkan kebijakan tersebut. "Kesiapan industrinya, semua stakeholder baik itu anggota bursa maupun bank kustodian menyatakan kesiapannya. Semua siap," kata Laksono, di Surakarta, Sabtu, 17 November 2018.

Sementara itu, Direktur Utama BEI Inarno Djajadi menambahkan, berdasarkan peta jalan mengenai kebijakan T+2 tersebut BEI akan melakukan uji coba terakhir pada minggu depan. Pekan lalu BEI menyebutkan ada anggota bursa yang belum siap menerapkan sistem tersebut.

Tetapi sekarang, tambahnya, hal itu sudah tak menjadi soal karena perusahaan telah menyatakan kesiapannya. "Memang beberapa minggu lalu masih ada beberapa anggota bursa yang belum siap, tapi kalau saya lihat kemarin sudah 100 persen mereka sudah siap," kata Inarno.

Dari data KSEI jumlah anggota bursa yang sudah siap menjalankan kebijakan ini sebanyak 105, jumlah bank kustodian sebanyak 18, dan jumlah manajer investasi sebanyak 88. Adapun pada 23 November 2018 merupakan hari terakhir perdagangan dengan siklus penyelesaian T-3.

Saat itu SRO, anggota bursa dan bank kustodian melakukan deploy sistem. Pada 24 November 2018 pengujian pre live. Kemudian pada 26 November 2018, dilakukan perdagangan dengan siklus penyelesaian T+2. KPEI akan mengeluarkan DHK netting atas transaksi pada 23 dan 26 November. Setelah itu pada 28 November 2018, hari penyelesaian pertama dengan siklus T+2.



(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id