Communication Cable System Indonesia resmi melakukan IPO (FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti)
Communication Cable System Indonesia resmi melakukan IPO (FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti)

Resmi IPO, Saham CSSI Langsung Melonjak 30,4%

Ekonomi ihsg emiten bei pasar modal
Annisa ayu artanti • 18 Juni 2019 10:04
Jakarta: PT Communication Cable System Indonesia Tbk resmi melantai di bursa melalui aksi pencatatan saham perdana atau Initial Public Offering (IPO). Saat pertama kali dicatatkan saham perusahaan naik 30,4 persen.
 
Perusahaan berkode CCSI ini melepaskan 200 juta lembar saham atau setara 20 persen dari modal disetor dan ditempatkan perusahaan. Saham CCSI ditawarkan seharga Rp250 per lembar saham. Dari aksi ini, perusahaan berharap meraup dana segar sebesar Rp50 miliar.
 
Berdasarkan pantauan Medcom.id, pada saat perdana listing di Mainhall BEI, saham perusahaan yang bergerak di bidang industri kabel serat optik, industri kabel listrik dan elektronik langsung naik 30,4 persen atau 76 poin ke Rp326. Saham tersebut ditransaksikan sebanyak tiga kali dengan volume 2030 lot.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk sementara perusahaan memperoleh dana segar Rp66,98 juta. "Kami yakin dengan menjadi perusahaan terbuka, perusahaan ini pendangan porspek di masa mendatang akan lebih bagus. Apalagi perusahaan ini sudah solid 20 tahun," kata Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna, di Gedung BEI, Jakarta, Selasa, 18 Juni 2019.
 
Di tempat yang sama, Direktur Utama CCSI Peter Djatmiko menjelaskan, langkah perusahaan untuk melantai masuk ke bursa adalah bagian strategis dalam meningkatkan kapasitas pendanaan dan tata kelola perusahaan yang baik.
 
"Kehadiran CSSI di pasar modal diharapkan akan memberikan nilai tambah yang optimal kepada para stakeholders dan shareholders," ucap Peter.
 
Adapun dana yang dihimpun dari hasil penawaran umum akan digunakan sebanyak 93 persen untuk belanja modal dan sisanya untuk keperluan modal kerja serta rencana perusahaan guna mengembangkan proyek fiber optic submarine cable yang akan dilaksanakan pada 2019-2020.
 
Dalam aksi ini, perusahaan menggandeng PT UOB Kay Hian Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek. Pihak sekuritas menyampaikan permintaan yang masuk pada fase bookbuilding pada Mei lalu mencapai 2,5 kali oversubscribed.

 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif