Rupiah Siap Bertahan di Zona Hijau
Ilustrasi (MI/ROMMY PUJIANTO)
Jakarta: Setelah mampu bertahan di zona hijau pada perdagangan sore kemarin, nilai tukar rupiah hari ini kembali berpotensi masih melanjutkan penguatan. Sejumlah katalis positif seperti kembali dikeluarkannya paket kebijakan ekonomi mampu memperkuat gerak rupiah agar tidak mudah terhempas ke zona merah.

Senior Analyst CSA Research Institute Reza Priyambada mengatakan pergerakan level rupiah hari ini masih dapat memanfaatkan kondisi sehingga mampu bergerak di zona hijau. Reza menilai gerak rupiah berada di level Rp14.565 sampai Rp14.585 per dolar Amerika Serikat (USD).

"Peluang kenaikan rupiah pun kembali terbuka," kata Reza, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Jumat, 23 November 2018.

Perkiraan ini, kata Reza, didukung oleh pergerakan USD yang cenderung melemah dan adanya sentimen dalam negeri yang menopang penguatan rupiah. "Apalagi dengan kembali melemahnya USD maka diharapkan rupiah masih dapat mengambil kesempatan tersebut," jelas Reza.

Reza menambahkan optimisme pemerintah atas pengelolaan anggaran dan berakhir dengan kinerja yang cukup baik membantu rupiah menguat. Adapun pemerintah menegaskan terus berupaya memaksimalkan pengelolaan anggaran dalam rangka mencapai sejumlah target perekonomian.

"Diharapkan sentimen dari dalam negeri bisa kembali positif untuk menahan pelemahan rupiah," pungkas dia.



(ABD)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id