Illustrasi. MI/Adam Dwi.
Illustrasi. MI/Adam Dwi.

Keputusan MK Menentukan Tingkat Kepercayaan Pasar

Ekonomi investor pasar modal
Annisa ayu artanti • 26 Juni 2019 17:04
Jakarta: Keputusan sidang Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa pemilihan presiden 2019 sangat menentukan kepercayaan pasar.
 
Ekonom Center of Reform on Economics (Core) Piter Abdullah mengatakan dampak pergerakan harga saham telah terjadi pasca pengumuman hasil perhitungan KPU. Namun menurutnya, keputusan MK besok akan semakin mempertegas kepastian pasar.
 
"Saya kira berdampak cukup signifikan ya. Menambah confident pasar," kata Piter kepada Medcom.id, Rabu, 26 Juni 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Piter menjelaskan sebenarnya pelaku pasar sudah menebak hasil pengumuman putusan MK besok. Para pelaku pasar sudah memperhatikan dan menimbang jalannya persidangan yang digelar beberapa hari lalu. Oleh karena itu, Piter memprediksi laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan nilai tukar rupiah akan semakin menguat.
 
"Pasar saya kira sudah menebak hasil keputusan MK," ucap dia.
 
Dalam kondisi tersebut, Piter menambahkan investor bisa memilih dan memperhatikan saham-saham blue chips untuk pilihan investasi. Khususnya, saham sektor keuangan, konsumsi, serta properti.
 
"Jadi bagi investor dalam memilih saham akan kembali kepada analisa individual sahamnya. Saham-saham blue chips yang masih dapat dikategorikan murah bisa menjadi pilihan," tukas dia.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif