Ilustrasi (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Rupiah Diperkirakan Manfaatkan Pelemahan USD untuk Menguat

Ekonomi rupiah menguat kurs rupiah
Dian Ihsan Siregar • 27 Januari 2017 10:30
medcom.id, Jakarta: Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (SD) sedang berupaya untuk kembali bergerak menguat. Adapun penguatan nilai tukar rupiah diperkirakan akan diraih dengan mencoba memanfatkan kondisi pelemahan USD.
 
‎Analis Senior Binaartha Sekuritas Reza Priyambada mengatakan, skenario pemanfaatan kondisi pelemahan USD masih akan terus berlanjut. Hal itu memang penting terjadi agar nilai tukar rupiah tetap dapat dalam tren penguatan.
 
‎"Tetap cermati berbagai sentimen yang akan memengaruhi perubahan pada laju rupiah. Terutama jika laju rupiah akan kembali berbalik ke arah melemah," kata Reza, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Jumat (27/1/2017).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Rupiah Melemah Tipis ke Rp13.374/USD
 
Dengan memanfaatkan pelemahan USD, Reza memprediksi, nilai mata uang Garuda akan bergerak di kisaran support Rp13.364 per USD, sedangkan resisten berada di posisi Rp13.290 per USD. ‎Kembali melemahnya USD, lanjut Reza, memberikan harapan pada nilai tukar rupiah untuk dapat berbalik positif.
 
Baca: Rupiah Diperkirakan Berpeluang Terkoreksi
 
Saat ini, pelaku pasar kembali melakukan aksi jual dan lebih banyak melakukan aktivitas transaksi pada pasar ekuitas dan pasar komoditas. "Imbasnya tentu saja membuat sejumlah indeks saham global menguat. Begitupun dengan sejumlah harga komoditas yang juga menguat," terang Reza.
 
Baca: Rupiah Ditutup Menguat 28 Poin
 
Imbas lainnya, masih kata Reza, tentu membuat sejumlah mata uang lainnya cenderung terapresiasi. Kondisi ini terjadi seiring respons pelaku pasar terhadap rancangan-rancangan kebijakan Trump yang dinilai lebih proteksionis dan pro pertumbuhan ekonomi AS.
 

 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif