Illustrasi. MI/ROMMY PUJIANTO.
Illustrasi. MI/ROMMY PUJIANTO.

Rupiah Melemah, IHSG Terjun Bebas

Ekonomi ihsg kurs rupiah
25 Maret 2019 17:10
Jakarta: Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada penutupan perdagangan hari ini terjun bebas. IHSG anjlok hampir dua persen hanya dalam sehari. Sementara mata uang rupiah melemah pada penutupan perdagangan hari ini.
 
IHSG jatuh 1,75 persen ke level 6.411 pada perdagangan penutupan Senin, 25 Maret 2019. Volume perdagangan sebesar 10 miliar lembar saham dengan nilai Rp6,9 triliun. Sebanyak 125 saham naik, 337 saham turun, 119 saham tak bergerak dan 122 saham tak diperdagangkan. Sektor saham yang anjlok paling dalam adalah manufaktur dan perkebunan.
 
Oso sekuritas memperkirakan IHSG hari ini bergerak dengan kecendrungan melemah. Adapun hal yang menjadi pemberat salah satunya berasal dari adanya inverted curve pada imbal hasil US-Treasury, dengan yield obligasi pemerintah AS tiga bulan lebih tinggi ketimbang yield obligasi pemerintah bertenor 10 tahun.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, hal yang patut diperhatikan yakni rilisnya data loan growth Indonesia tahunan pada periode Februari. Adapun secara teknikal, IHSG ditutup menguat sebesar 0,4 persen ke level 6.525.
 
"IHSG sudah berada di resistance terdekat dengan indikator Stochastic berada di area overbought dan MACD histogram positif serta volume naik. IHSG bergerak melemah antisipasi aksi ambil untung dengan pergerakan di kisaran 6.463-6.552," kata hasil riset Oso Sekuritas.
 
Sementara itu Analis Panin Sekuritas William Hartanto mengatakan pelemahan hari ini sudah sesuai dengan indikasi sebelumnya yang melihatkan tren penurunan. Laju IHSG pun sudah menunjukkan overbought.
 
"Hari ini sentimen dari penurunan Dow Jones dan indikator stochastic IHSG yang sudah overbought, jadi memang sejak kemarin indikasinya menurun," kata William kepada Medcom.id, Senin, 25 Maret 2019.
 
Kejatuhan IHSG sejalan dengan rupiah. Mata uang rupiah menurut bloomberg jatuh 22,5 poin dengan berada pada Rp14.185 per USD. Yahoo finance mencatat mata uang rupiah melemah 20 poin dengan berada pada Rp14.180 per USD. Bank Indonesia merekam mata uang rupiah melemah dengan berada pada Rp14.223 per USD.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif