Illustrasi. MI/RAMDANI.
Illustrasi. MI/RAMDANI.

Penghapusan Saham Gocap Ditunda Tahun Ini

Ekonomi ihsg
Nia Deviyana • 20 Maret 2019 17:10
Jakarta: Bursa Efek Indonesia (BEI) memutuskan untuk menunda kebijakan pembebasan harga minimum saham, yang selama ini ditetapkan Rp50 per saham atau gocap sebagai harga acuan paling rendah.
 
Direktur Perdagangan dan Penilaian Anggota Bursa BEI Laksono Widodo mengatakan keputusan tersebut diambil setelah mempertimbangkan masukan pelaku pasar.
 
"Kita sudah melakukan diskusi dan analisa, jadi untuk sementara kita tunda dulu, enggak jadi (ditetapkan) tahun ini," ujar Laksono dalam sesi diskusi bersama media, di Jakarta, Rabu, 20 Maret 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Laksono menuturkan ada beberapa alasan terkait keputusan tersebut, yang mana BEI tidak hanya mempertimbangkan masukan dari Anggota Bursa (AB) tetapi juga investor baik retail maupun investor dana pensiun.
 
"Serta kesiapan mereka terhadap peraturan ini," tambah Laksono.
 
Dari total 629 saham yang ditransaksikan di BEI, jumlah saham dengan harga Rp50 berjumlah 33 perusahaan dengan total kapitalisasi Rp28 triliun.
 
Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi menjelaskan bahwa yang menjadi dasar rencana pembebasan minimum harga saham tersebut karena saat ini saham-saham emiten yang mentok di Rp50 per lembar saham masih diminati dan ditransaksikan investor. Namun,
 
"Tapi karena keterbatasan nilai transaksi wajarnya, maka terjadi transaksi di pasar nego, tentu tidak gampang karena nature-nya harus mencari lawan transaksinya," jelas dia, belum lama ini.
 
Selain itu, BEI juga tidak bisa berharap kepada emiten untuk melakukan aksi reverse stock split supaya sahamnya kembali likuid.
 
"Karena tidak setiap saham bisa kita paksakan reverse stock split untuk menaikan nilai kemudian aktif ditrasaksikan," imbuh dia. Itu sebabnya, kebijakan penghapusan saham gocap merupakan salah satu rencana kerja BEI untuk meningkatkan transaksi perdagangan saham.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif