NEWSTICKER
Ilustrasi. (FOTO: ANTARA/Ismar Patrizki)
Ilustrasi. (FOTO: ANTARA/Ismar Patrizki)

Serunya Menjajal Investasi Saham bagi Pemula

Ekonomi saham
25 Oktober 2016 11:43
SEMENJAK awal bekerja, Fenny Wijaya, ingin sekali memiliki passive income. Awalnya, perempuan berkulit putih ini hanya melakukan investasi uang dalam bentuk tabungan dan deposito.
 
Namun, akhirnya dirinya mengaku tidak puas karena keuntungan yang didapat dari produk investasi itu kecil sekali. Atas saran seorang teman, dia mencoba-coba berinvestasi di sektor saham. Atas petunjuk sahabatnya, dia memberanikan diri berinvestasi di Daewoo Sekuritas.
 
Baca: Menabung Tidak Bisa Kaya, Pilih Investasi Saham
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Awalnya sekadar coba-coba. Tidak sadar saya sudah setahun bermain investasi ini," ujar Fenny saat ditemui di Indonesia Investment Festival 2016, di Jakarta, beberapa waktu lalu.
 
Saat ini dia bahkan telah membuka akun di beberapa sekuritas dan membaginya antara investasi dan trading. Sejauh ini dia merasakan ada berbagai keuntungan dari dividen dan gain jual beli.
 


 
Diakuinya, pada setiap sekuritas dia memulainya dengan jumlah minimum Rp10 juta, atau menyisihkan setidaknya 40% dari gaji bulanannya.
 
"Awal setoran untuk buka account, saya selalu ikuti minimum sekuritas yaitu Rp10 juta. Modal saya juga belum besar, tapi seiring dengan perkembangan saya punya income tetap tiap bulan dari gaji, saya sisihkan buat nambahin modal saya di trading," beber dia.
 
Karena memiliki latar belakang pendidikan financing, Fenny mampu menghitung evaluasi dan membaca laporan keuangan, selain tentunya mendapat rekomendasi dari sekuritasnya.
 
"Yang lebih penting sebenarnya fundamental dari perusahaan yang kita mau beli sahamnya. Kedua, dari segi teknikal, baca kapan dia up trend atau down trend. Kalau kita tahu dia akan up trend, beli saat dia masih down trend," imbuhnya lagi.
 
Guna semakin banyak menjaring para investor pemula seperti Fenny, pada ajang Indonesia Investment Festival 2016, berbagai promo digelar tiap-tiap peserta pameran.
 


 
Di gerai Panin Sekuritas, misalnya, Devo Andryano, Sales Equity, menjabarkan pihaknya membuat promo dalam bentuk pembukaan akun dengan setoran cukup Rp500 ribu. Hal itu dilakukan untuk mengincar investor muda yang pendapatannya belum seberapa.
 
Umumnya membuka account menjadi investor saham dimulai dari Rp10 juta. Namun, khusus hari ini kami membuka promo Rp500 ribu pun sudah bisa," sebutnya sembari berpromosi.
 
Uang Rp500 ribu itu, lanjut dia, bukan sekadar biaya administrasi. Sementara itu, mereka yang menaruh Rp10 juta, selama satu bulan, akan dibebaskan dari biaya broker. (Media Indonesia)
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif