Ilustrasi. (FOTO: MI/Panca Syurkani)
Ilustrasi. (FOTO: MI/Panca Syurkani)

IHSG Siap Menguat Tajam

Ekonomi ihsg
Ade Hapsari Lestarini • 01 Juli 2019 08:56
Jakarta: Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan akan menguat tajam pada perdagangan hari ini.
 
"Kami memperkirakan IHSG akan menguat tajam hari ini mengikuti berbagai berita positif dalam maupun luar negeri dan pergerakan positif bursa regional," tutur tim analis Samuel Sekuritas, dalam hasil risetnya, Senin, 1 Juli 2019.
 
Menurut hasil riset tersebut, dari dalam negeri, akhirnya ketidakpastian hasil pilpres berakhir, Mahkamah Konstitusi (MK) akhirnya menolak semua gugatan sengketa Pilpres 2019 dan KPU resmi menetapkan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih untuk periode 2019-2024.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Berita positif ini juga disertai berita positif dari luar negeri di akhir pekan kemarin. Pertemuan Presiden Tiongkok Xi Jinping dengan Presiden AS Donald Trump di Pertemuan G20 di Osaka berlangsung baik dan Trump menyatakan akan menunda pemberlakuan tarif tambahan untuk USD300 miliar produk Tiongkok," jelasnya.
 
Selain itu Trump juga setuju untuk mengizinkan Huawei membeli kembali produk dari perusahaan high tech AS. Di sisi lain, Tiongkok juga setuju untuk membeli kembali produk pertanian AS.Hal ini mengindikasikan perundingan AS-Tiongkok yang sempat terhenti akan berlanjut kembali.
 
Adapun pagi ini Nikkei dibuka naik tajam 1,5 persen dan futures dari S&P 500 naik 1,1 persen. Minyak Brent juga menguat ke USD65,8 per barrel, setelah Rusia bersepakat dengan Saudi Arabia untuk mempertahankan level produksi seperti saat ini hingga akhir tahun, dengan potensi diperpanjang hingga awal 2020.
 
MengutipXinhua, Sabtu, 29 Juni 2019, indeks Dow Jones Industrial Average naik sebanyak 73,38 poin atau 0,28 persen menjadi 26.599,96. Sedangkan S&P 500 naik sebanyak 16,84 poin atau 0,58 persen menjadi 2.941,76. Indeks Komposit Nasdaq naik 38,49 poin atau 0,48 persen menjadi 8.006,24.
 
Saham bank-bank besar termasuk JP Morgan Chase, Goldman Sachs, dan Bank of America semuanya naik lebih dari 2,5 persen. Keuntungan mereka datang setelah mereka lulus stress test tahunan Federal Reserve dan mendapat persetujuan untuk meningkatkan dividen serta berbagi program pembelian kembali.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif