Ilustrasi (Foto: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti)
Ilustrasi (Foto: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti)

IDX80 Jadi Acuan Manajer Investasi

Ekonomi ihsg bei pasar modal Indeks IDX80
Annisa ayu artanti • 24 Januari 2019 08:31
Jakarta: Keberadaan indeks baru IDX80 akan menjadi acuan portofolio manajer investasi untuk produk reksa dana aktif. IDX80 merupakan indeks yang terdiri dari 80 saham yang memiliki likuiditas tinggi, kapitalisasi pasar besar, dan fundamental yang baik.
 
Kepala Riset dan Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI) Verdi Ikhwan mengatakan sebelumnya bursa telah mengeluarkan indeks dengan konstituen 20 persen hingga 30 persen. Indeks-indeks tersebut banyak digunakan manajer investasi untuk produk reksa dana pasif.
 
"Selama ini mereka gunakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Ada keinginan suatu indeks, jumlahnya tidak banyak tapi mewakili secara keseluruhan," jelas Verdi, di Gedung BEI, Rabu sore, 23 Januari 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengenai batasan bobot suatu saham atau cap IDX80, Verdi melanjutkan, sebesar sembilan persen. Alasan ditaruh batasan tersebut lantaran sudah tercantum di dalam aturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
 
"Di OJK ada aturan kalau mau buat reksa dana indeks batasan maksimal satu saham tidak boleh dari 10 persen," ucap dia.
 
IDX80 akan dikaji empat kali dalam satu tahun. Dua kali kajian minor pada Mei dan November. Lalu dua kali kajian mayor pada Februari dan Agustus. IDX80 diharapkan bisa memaksimalkan pertumbuhan industri pasar modal di Tanah Air di masa-masa yang akan datang.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi