Ilustrasi (MI/SUSANTO)
Ilustrasi (MI/SUSANTO)

Rupiah Berupaya Menguat ke Posisi Rp13.320/USD

Ekonomi rupiah menguat kurs rupiah
Dian Ihsan Siregar • 31 Januari 2017 10:03
medcom.id, Jakarta: Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) diharapkan mampu melanjutkan untuk mengalami penguatan seiring momentum kembali melemahnya mata uang USD. Sentimen positif diharap bisa hadir signifikan dan nantinya memberi efek positif bagi gerak nilai tukar rupiah di waktu-waktu mendatang.
 
"‎Meski diperkirakan menguat, tetap cermati berbagai sentimen yang akan memengaruhi perubahan pada rupiah. Terutama jika rupiah cenderung bergerak flat," ucap Analis Senior dari Binaartha Sekuritas Reza Priyambada, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Selasa (31/1/2017).
 
Nilai tukar rupiah yang diperkirakan melanjutkan penguatan, lanjut Reza, akan membuat nilai tukar rupiah bergerak di kisaran support Rp13.362 per USD, sedangkan resisten berada di level Rp13.320 per USD. Hal itu diharapkan bisa segera terjadi.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di sisi lain, munculnya kebijakan Presiden AS Donald Trump yang membatasi imigrasi sejumlah negara Muslim membuat kekhawatiran pasar dan berimbas pada melemahnya USD. Pelemahan ini menjadi peluang sejumlah mata uang untuk terapresiasi, termasuk rupiah yang mampu menguat.
 
Meski demikian, diakui Reza, penguatan yang terjadi cenderung tipis seiring sikap pasar yang menahan diri jelang rilis data inflasi dan data pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) dalam waktu dekat ini.
 
‎Sebelumnya sudah disampaikan, mata uang USD mencoba menguat, tapi tampaknya pergerakan rupiah mencoba mempertahankan tren kenaikannya sehingga diperkirakan pergerakan tersebut akan cenderung flat seiring beradunya volume beli dan jual‎.
 

 

(ABD)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif