608 Emiten Tercatat di Bursa
Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi. (FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu)
Jakarta: Jumlah perusahaan yang sudah melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) terus meningkat. Perusahaan yang tercatat di bursa sudah mencapai 608 emiten hingga 29 Oktober 2018.

Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi mengatakan go public menjadi cara perusaahan-perusahaan di Indonesia untuk memperoleh pendanaan selain dari perbankan. Tahun ini saja, ada 46 perusahaan baru yang terdaftar di bursa.

"Jumlah emiten yang mencatatkan diri di bursa dari tahun ke tahun meningkat. Sehingga per hari ini sudah ada 608 emiten saham di BEI," jelas Hasan di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa, 30 Oktober 2018.

Bursa mencatat penggalangan dana yang diperoleh perusahaan melalui aksi korporasi di pasar modal mencapai Rp680,4 triliun. Angka ini mendekati capaian tahun lalu sebesar Rp811,81 triliun.

"Untuk 2018 sampai dengan saat ini Rp680,4 triliun yang berhasil dikumpulkan melalui sumber pendanaan di pasar modal baik penerbitan saham dan turunannya maupun penerbitan obligasi dan surat utang," jelas dia.

Sementara itu dari jumlah investor, Hasan melanjutkan, bursa mencatat pertumbuhan jumlah investor yang signifikan. Perkembangan pertumbuhan jumlah investor naik 30 persen dalam satu tahun.

"Alhamdulillah tahun ini kita mencatat pertumbuhan investor lebih dari 180 ribu. Jadi berkembang 30 persen dalam satu tahun," ucap dia.

"Ini mudah-mudahan cerminan dari usaha yang dilakukan selama ini dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), bursa, dan stakeholder dalam kampanye nasional yang kita usung yuk nabung saham," tutup dia.

 



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id