Bank Mandiri  (MI/Angga Yuniar).
Bank Mandiri (MI/Angga Yuniar).

Bank Mandiri Akan Terbitkan Surat Utang hingga Rp40 Triliun

Ekonomi bank mandiri surat utang
Annisa ayu artanti • 07 Januari 2019 20:07
Jakarta: PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) akan menerbitkan surat utang jangka panjang Negotiable Certificate of Deposit (NCD), Medium Term Note (MTN) serta pinjaman bilateral untuk memenuhi pembiayaan. Jumlah dana yang akan dijaring dari aksi tersebut sekitar Rp40 triliun.

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo menyebutkan surat utang tersebut terdiri sebagian berdenominasi rupiah dan sebagian dalam bentuk dolar Amerika Serikat.

"Kombinasi dari dua yang tadi Rp10 triliun di rupiah, Rp2 miliar dolar maximum di USD. Jadi kurang lebih hampir sekitar Rp40 triliun," kata Tiko di Kantor Pusat Bank Mandiri, Jakarta, Senin, 7 Januari 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Tiko menjelaskan untuk pinjaman bilateral perseroan sudah mengeksekusi saat ini dan diharapkan dana akan cair di kuartal I. Sedangkan untuk NCD dan MTN akan dilaksanakan pada kuartal II. "Tapi NCD dan MTN di kuartal II," sebut dia.

Tiko menjelaskan surat utang itu menjadi aksi yang dilakukan perseroan karena penyaluran kredit dalam bentuk dolar terus meningkat. Saat ini sekitar 18 sampai 10 persen. Oleh karena itu, supaya penyaluran kredit dalam bentuk valas perseroan tidak menurun opsi ini dipilih Bank Mandiri.

"Kita enggak ingin kompetitif advantage Bank Mandiri sebagai bank yang mampu memberikan kredit valas dalam jangka menengah kita hilang. Jadi kita akan support, selain dari pendanaan konvensional seperti giro, kita akan juga dorong dari bilateral," tutup dia.


(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi