Komisaris Utama BTN Asmawi Syam - - Foto: Antara/ Wahyu Putro A
Komisaris Utama BTN Asmawi Syam - - Foto: Antara/ Wahyu Putro A

Asmawi Syam Ditunjuk Jadi Komisaris Utama BTN

Ekonomi btn
Husen Miftahudin • 17 Mei 2019 19:56
Jakarta: Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk memutuskan untuk mengubah pengurus perseroan. Pemegang saham setuju menunjuk Asmawi Syam sebagai Komisaris Utama menggantikan I Wayan Agus Mertayasa.
 
Asmawi Syam merupakan sosok yang sudah malang melintang mengisi pucuk pimpinan perusahaan pelat merah. Sebelum jadi Komisaris Utama BTN, Asmawi pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Direktur Utama PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo), dan Direktur Utama PT Jiwasraya (Persero).
 
Selain I Wayan Agus Mertayasa, RUPST juga memberhentikan dengan hormat anggota dewan komisaris Parman Nataatmadja dan Maurin Sitorus. Pemegang saham kemudian merestui Eko Djoeli Heripoerwanto sebagai anggota dewan komisaris.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ada pergantian dua komisaris. Komisaris utama Pak I Wayan Gus Mertayasa diganti Pak Asmawi Syam dan Pak Maurin Sitorus diganti oleh Heripoerwanto," kata Direktur Utama BTN Maryono dalam konferensi pers RUPST BTN di Menara BTN, Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat, Jumat, 17 Mei 2019.
 
Selain merombak jajaran komisaris, perseroan juga mengubah nomenklatur jabatan direksi perseroan. Dari semula Direktur Strategy Compliance and Risk menjadi Direktur Compliance serta mengubah Direktur Finance and Treasury menjadi Direktur Finance, Treasury, and Strategy.
 
Maryono menyebutkan, Nixon L.P Napitupulu akan merangkap jabatan sebagai Direktur Finance, Treasury, and Strategy sampai ada yang menggantikan.
 
"Ada salah satu pengurus kita yang sudah menjabat selama lima tahun yakni Pak Iman Nugroho. Untuk sementara dirangkap oleh Pak Nixon sebagai Diektur Aset Manajemen," ungkap Maryono.
 
Perubahan pengurus ini diharapkan dapat memperkuat komposisi manajemen BTN dalam meningkatkan bisnis perseroan sesuai target 2019 dan mendukung program sejuta rumah.
 
"Kami senantiasa akan tetap solid menjaga pertumbuhan bisnis Bank BTN, memperkuat sinergi dengan BUMN lain, dan menjadi mitra terbaik pemerintah dalam memberikan pembiayaan perumahan bagi masyarakat," ucap Maryono.
 
Dengan demikian, susunan pengurus Bank BTN sesuai hasil RUPST adalah sebagai berikut:
 
Direksi
Direktur Utama : Maryono
Direktur IT & Operation : Andi Nirwoto
Direktur Commercial Banking : Oni Febriarto Rahardjo
Direktur Compliance : R. Mahelan Prabantarikso
Direktur Finance and Treasury & Strategy
merangkap Direktur Collection, Aset Management : Nixon L.P Napitupulu
Direktur Consumer Banking : Budi Satria
Direktur Distribution & Network : Dasuki Amsir
Direktur Strategic & Human Capital : Yossi Istanto
 
Komisaris
Komisaris Utama/ Independen : Asmawi Syam
Komisaris Independen : Kamaruddin Sjam
Komisaris Independen : Arie Coerniadi
Komisaris Independen : Lucky Fathul Aziz Hadibrata
Komisaris Independen : Garuda Wiko
Komisaris : Sumiyati
Komisaris : Iman Sugema
Komisaris : Eko Djoeli Heripoerwanto
 

(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif