BEI. MI/Adam Dwi.
BEI. MI/Adam Dwi.

Rupiah Melemah, IHSG Ditutup Menguat

Ekonomi ihsg kurs rupiah
21 Februari 2019 17:07
Jakarta: Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada penutupan perdagangan hari ini ditutup menguat. Indeks menguat setelah Bank Indonesia (BI) tak mengubah suku bunga. Sedangkan mata uang rupiah melemah tipis.
 
IHSG naik 24,99 poin dengan berada pada 6.537 pada perdagangan Kamis, 21 Februari 2019. Volume perdagangan sebesar 10 miliar lembar saham dengan nilai Rp7,9 triliun. Sebanyak 219 saham naik, 217 saham turun, dan 113 saham tak bergerak. Sektor saham yang paling naik adalah perkebunan dan pertambangan.
 
Indeks saham AS pada perdagangan kemarin ditutup menguat (DJIA naik 0,24 persen, S&P500 naik 0,18 persen). Indeks saham Eropa pada perdagangan kemarin ditutup menguat dengan indeks DAX dan FTSE100 yang masing-masing naik 0,8 persen dan 0,7 persen.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kresna Sekuritas memperkirakan sentimen regional secara keseluruhan neutral untuk IHSG hari ini. Dari sentimen domestik,besaran suku bunga acuan, yang diperkirakan akan flat di enam persen akan membantu gerak IHSG.
 
Analis Valbury Sekuritas Indonesia Suryo Narpati memperkirakan Bank Indonesia akan mempertahankan tingkat suku bunga di level enam persen. Hal ini sejalan dengan perubahan akselerasi kenaikan suku bunga Amerika Serikat The Fed Rate dan potensi risiko volatilitas di pasar keuangan yang mereda.
 
"Diperkirakan peluang IHSG untuk menguat cukup terbuka hari ini," kata Suryo dalam riset hariannya, Kamis, 21 Februari 2019.
 
Research Analyst FXTM Lukman Otunuga memprediksi BI diperkirakan akan mempertahankan suku bunga di Februari, setelah meningkatkannya sebanyak enam kali dengan total kenaikan 175 basis poin (bps) di 2018.
 
"Federal Reserve yang mengambil posisi sabar dan fleksibel memicu spekulasi penghentian kenaikan suku bunga AS tahun ini, sehingga BI mungkin sedikit lebih lega untuk memangkas suku bunga di kemudian hari," kata dia dalam hasil risetnya, Kamis, 21 Februari 2019.
 
Bloomberg melansir mata uang rupiah melemah 26,5 poin dengan berada pada Rp14.070 per USD. Kemudian mata uang rupiah menurut Yahoo Finance melemah 15 poin dengan berada pada Rp14.066 per USD. Sementara Bank Indonesia mencatat mata uang rupiah melemah tipis dengan berada pada Rp14.057 per USD.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif