IHSG. Dok : MI.
IHSG. Dok : MI.

IHSG Akan Cenderung Menguat Kuartal I-2019

Ekonomi ihsg
Fetry Wuryasti • 31 Desember 2018 14:51
Jakarta: Market akan cenderung menguat pada kuartal pertama 2019. Penyebabnya Indonesia akan memasuki tahun politik dengan puncaknya pada Pilpres.
 
"Menurut saya kuartal pertama market akan justru cenderung menguat. January effect akan ada. Karena sebenarnya tahun depan tahun politik. Biasanya di tahun politik indeks cenderung naik," ujar Head of Research Mirae Asset Sekuritas Indonesia Hariyanto Wijaya, di Jakarta, Senin, 31 Desember 2018.
 
January Effect (Efek Januari) adalah suatu kepercayaan dimana harga saham cenderung naik di Januari. Efek kalender ini menciptakan kesempatan bagi investor saham untuk membeli saham di harga lebih rendah sebelum Januari dan menjualnya setelah harga sahamnya naik. Pada masa kampanye politik, kata dia, pemerintah cenderung mengeluarkan berbagai kebijakan populis.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bisa dilihat dari keputusan bahwa anggaran untuk bantuan sosial program keluarga harapan yang dinaikkan 100 persen dari Rp15 triliun menjadi Rp 38 triliun. Itu akan membuat daya beli masyarakat tertarget menjadi naik. Akibatnya ekonomi akan berjalan," kata dia.
 
Dari survei LSI, kata Hariyanto, incumbent atau petahana memimpin sebanyak 55 persen. Jadi pasar juga menggunakan asumsi bila incumbent menang. Di 2019 Mirae memasang angka target indeks bisa menyentuh 7.100 bila asumsi tersebut terjadi.
 
"Sebab pelaku pasar lebih menyukai kontinuitas, keberlanjutan dari sebuah aturan yang sudah ada saat ini," jelas Hariyanto.

 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi