Ilustrasi - - Foto: Medcom.id/ Ahmad Garuda
Ilustrasi - - Foto: Medcom.id/ Ahmad Garuda

Penjualan Astra Otoparts Diramal Turun 40% saat Ramadan

Ekonomi astra otoparts astra international
Annisa ayu artanti • 26 April 2019 21:28
Jakarta: PT Astra Otoparts Tbk (AUTO) memperkirakan penjualan spare partspada Ramadan mendatang akan mengalami penurunan. Penurunannya diramal mencapai 40 persen dari penjualan normal.
 
Direktur AUTO Wanny Wijaya mengatakan, penurunan penjualan pada bulan puasa dan lebaran sudah musiman (seasonal). Pada saat itu, banyak hari libur dan bulan sebelumnya stok spare parts juga sudah tersalurkan ke toko-toko retail.
 
"Di lebaran justru volume turun, hampir 40 persen Karena ini seasional dan itu normal," kata Wanny di Menara Astra, Jakarta, Jumat, 26 April 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski demikian, AUTO tetap optimis pertumbuhan penjualan dapat dibukukan tahun ini. Ia pun akan mengejar penjualan pada semester II. "Kita baru bisa recover Juli, semester II," ucap Wanny.
 
Di sisi lain, AUTO juga akan mendongkrak penjualan dengan menambah produk baru dan meningkatkan kinerja ekspor. AUTO tengah mengkaji beberapa pasar untuk ditingkatkan volume ekspornya.
 
Pada kuartal I-2019, AUTO mencatat laba bersih sebesar Rp159,36 miliar. Angka tersebut meningkat 9 persen dibandingkan dengan kuartal I-2018 sebesar Rp145,9 miliar.
 
Laba bersih meningkat karena peningkatan pendapatan sebesar 2,74 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Tercatat, pada tiga bulan pertama 2019 pendapatan AUTO sebesar Rp3,94 triliun, meningkay 2,74 persen dibandingkan Rp3,83 triliun.
 
Pendapatan tersebut disumbang dari dua lini usaha trading dan manufacturing. Manufacturing, kata Wanny, meskipun industri roda empat mengalami penurunan 13 persen, AUTO mencatat pertumbuhan penjualan spare parts roda empat.
 
Pada kuartal I-2019 penjualan spare parts roda empat tumbuh 1 persen dari 56 persen menjadi 57 persen dari total penjualan bisnis manufaktur Astra Otoparts.
 


 

(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif