Ilustrasi (Foto: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti)
Ilustrasi (Foto: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti)

Aksi Ambil Untung Tahan Gerak Indeks Saham Indonesia

Ekonomi ihsg
Annisa ayu artanti • 09 Januari 2019 08:40
Jakarta: Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih diyakini bergerak melemah atau tertahan di teritori negatif. Namun demikian, pelemahan tidak terlalu dalam karena kondisi nilai tukar rupiah yang terus terlihat perkasa dan adanya January effect.

Research Analyst Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper menjelaskan secara teknikal mengindikasikan laju IHSG akan bergerak melemah. Ia memprediksi reli IHSG berada di rentang support 6.211 sampai 6.236 dan rentang resisten di 6.301 sampai 6.341.

"Pelemahan diakibatkan aksi ambil untung karena melihat kenaikan IHSG beberapa hari terakhir sudah cukup tinggi," kata Dennies, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Rabu, 9 Januari 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Hal yang sama juga diprediksi Senior Analyst CSA Research Institute Reza Priyambada. Ia menilai aksi ambil untung menghentikan penguatan IHSG. Reza meramal IHSG bergerak di level support 6.228-6.240 dan resisten 6.278-6.288. "Mulai adanya aksi ambil untung membuat harapan akan adanya penguatan lanjutan IHSG terhenti sehingga cenderung bergerak dalam teritori negatif," ucap Reza.

Selain itu, Reza menuturkan, terbatasnya saham-saham berkapitalisasi besar yang menguat dan lebih banyak didominasi oleh saham-saham mid-cap dan lower-cap membuat penguatan IHSG tertahan di zona merah.

Di sisi lain, mulai terbatas dan variatifnya laju bursa saham Asia yang diikuti dengan mulai menguatnya laju USD turut menahan penguatan IHSG.

Beberapa saham yang direkomendasikan untuk hari ini adalah saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), PT Adaro Energy Tbk (ADRO), dan PT Elnusa Tbk (ELSA).


(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi