Ilustrasi (Foto: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti)
Ilustrasi (Foto: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti)

Indeks Saham Indonesia Diyakini Merekah Usai Pemilu

Ekonomi ihsg
Annisa ayu artanti • 18 April 2019 08:15
Jakarta: Setelah Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diyakini kembali melanjutkan penguatan. Sebelumnya pada penutupan perdagangan Selasa, 16 April 2019 indeks berada di level 6.481,54.
 
Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper mengatakan hasil hitung cepat akan memberikan pengaruh pada pergerakan IHSG hari ini.
 
"Saya lihat hasilnya (hasil hitung cepat) sedikit banyak akan berpengaruh. Kita tahu, dilihat dari rekam jejak selama ini kan kinerja Pak Jokowi cukup baik. Jadi saya rasa ini akan mendorong optimisme investor," kata Dennies, kepada Medcom.id, di Jakarta, Kamis, 18 April 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dennies memprediksi indeks akan menguat pada level support 6.421-6.451 dan resisten 6.506-6.515. Pemilihan umum Indonesia yang berlangsung aman dan damai diperkirakan mendorong pergerakan. "IHSG diprediksi menguat," ucap Dennies.
 
Seperti diketahui, hasil hitung cepat beberapa lembaga survei menempatkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai pemenang pemilihan presiden 2019. Kondisi itu bisa memberikan kepastian kepada pelaku pasar.
 
Senada dengan Dennies, Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji mengatakan, euforia pelaksanaan pemilu yang aman dan damai membuat sentimen positif pada pergerakan indeks. Gerak indeks hari ini diramalkan berada di rentang support dan resisten 6.421,62-6.515,07.
 
"Diproyeksikan IHSG menguat karena euforia pemilu yang aman dan damai," kata Nafan kepada Medcom.id, Kamis, 18 April 2019.
 
Selain itu, Nafan bilang, penguatan indeks juga didorong oleh stabilitas fundamental makroekonomi domestik yang inklusif dan berkesinambungan. Data surplusnya neraca perdagangan per Maret sebesar USD540 juta juga masih memberikan sentimen positif pada perdagangan hari ini.
 
Sementara itu dari eksternal, lanjut Nafan, penguatan indeks didorong oleh data-data perekonomian Tiongkok yang positif seperti data PDB, industrial production, dan retail sales serta sentimen dari dovish statement oleh the Fed.
 
Adapun rekomendasi saham yang dapat menjadi pertimbangan investor hari ini adalah saham PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE), PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA), dan PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI).
 
Lalu, saham PT Indika Energy Tbk (INDY), PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC), PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), dan PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP).
 

(ABD)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif