Ilustrasi (MI/RAMDANI)
Ilustrasi (MI/RAMDANI)

Mandiri Sekuritas Proyeksikan IHSG di Level 6.800

Ekonomi ihsg bei pasar modal
Annisa ayu artanti • 29 Mei 2019 08:47
Jakarta: Mandiri Sekuritas memproyeksikan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan positif di level 6.800 di sepanjang 2019. Proyeksi IHSG tersebut berdasarkan laba per lembah saham indeks domestik atau rasio Earning Per Share (EPS) yang tumbuh sekitar delapan persen pada 2019 dan 10 persen pada 2020.
 
"Jadi kalau indeks target di Indonesia ini masih positif. Masih optimistis. Jadi kita prediksi indeks harga saham gabungan ini di 6.800," kata Head of Equity Research Mandiri Sekuritas Adrian Joezer, di Menara Mandiri, Jakarta, Selasa sore, 28 Mei 2019.
 
Adrian menjelaskan, awalnya Mandiri Sekuritas memprediksi hingga akhir tahun IHSG mencapai level 7.000. Namun karena realisasi EPS pada kuartal I rendah maka proyeksi tersebut dikoreksi. Seperti diketahui, kata Adrian, pada kuartal I ada tekanan di beberapa sektor yang membuat EPS tertekan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi, bertahan di level 6.800 hingga akhir tahun bukan lah tidak mungkin,” ujar dia.
 
Selain itu, proyeksi IHSG hingga akhir tahun ditetapkan Mandiri Sekuritas berdasarkan Price to Earning Ratio (PER) yang berada di level baik. Adrian menyebutkan PER IHSG berada di angka 13 kali.
 
"Kita menyentuh level tersebut. Karenanya dari sisi rebound cukup signifikan," imbuh dia.
 
Kemudian dari sisi makro ekonomi, lanjut Adrian, meskipun IMF memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi global, pertumbuhan ekonomi Indonesia masih cenderung baik di level 5,07 persen. Hal itu yang membuat Mandiri Sekuritas optimistis IHSG terus melaju positif sepanjang 2019.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif