Illustasi. MI/Panca.
Illustasi. MI/Panca.

BEI Harap Saham Dijual di e-Commerce

Ekonomi saham bei
Nia Deviyana • 24 Januari 2019 19:24
Jakarta: Bursa Efek Indonesia (BEI) memproyeksikan rencana sinergi perusahaan sekuritas dengan platform e-commerce. Kolaborasi ini dilakukan sebagai langkah untuk mendorong pertumbuhan investor di pasar modal.
 
"Saat ini nasabah pasar modal masih dua juta, sementara nasabah e-commerce ada yang mengklaim mencapai 60 juta. Kalau kita sinergikan e-commerce dengan perusahaan sekuritas, yang 60 juta sangat potensial menjadi investor," ujar Direktur Teknologi Iinformasi dan Manajemen Risiko BEI Fithri Hadi usai menghadiri diskusi Sosialisasi Cyber Security Bersama Anggota Bursa di Gedung BEI, Jakarta, Kamis, 24 Januari 2019.
 
Saat ini, tambah Fithri, beberapa e-commerce sudah bekerja sama dengan perusahaan investasi seperti reksa dana atau peer to peer lending. Ke depannya, diharapkan e-commerce juga bisa mengenalkan instrumen investasi saham kepada penggunanya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, sinergi dengan e-commerce juga bakal memberikan kemudahan bagi nasabah dalam membuka rekening efek, baik dari segi waktu maupun biaya. Simplifikasi pembukaan rekening memang menjadi salah satu target BEI tahun ini untuk meningkatkan jumlah investor.
 
"Jadi tujuannya, produk boleh beda, tapi kita menjaring nasabah yang sama tanpa perlu pindah platform sehingga memudahkan," tuturnya.
 
Proposal ini masih dalam kajian Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Saat ini, sudah ada dua perusahaan sekuritas yang tertarik untuk bergabung. Saat ini, sinergi platform dengan perusahaan sekuritas sudah diterapkan di sejumlah negara, salah satunya Tiongkok.
 
"Di Tiongkok belum banyak regulasi, jadi ruang untuk berinovasi masih terbuka lebar. Contohnya Alibaba, dari instrumen efek pindah ke tunai tanpa biaya, dari reksa dana pindah ke tunai juga tanpa biaya," pungkasnya.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif