Illustrasi. Dok : MI.
Illustrasi. Dok : MI.

Bos BRI Ramal Suku Bunga Acuan Tak Beranjak dari 6%

Ekonomi bri
Husen Miftahudin • 24 April 2019 19:52
Jakarta: Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, Suprajarto, meyakini Bank Indonesia (BI) akan menahan suku bunga acuan alias BI 7-Days Reverse Repo Rate untuk bulan ini. Suku bunga April 2019 diprediksi tetap di level enam persen.
 
"Kalau menurut prediksi kita kemungkinan kecil (BI) akan melakukan perubahan suku bunga. Karena The Fed sendiri sudah menyampaikan tahun ini tidak ada kenaikan suku bunga," ujar Suprajarto di Kantor Pusat BRI, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu, 24 April 2019.
 
Ia pun berharap bank sentral mengambil langkah berani untuk menurunkan suku bunga acuan. Sebab, penurunan suku bunga diyakini akan menciptakan iklim yang kondusif di dalam negeri.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tapi mungkin juga banyak pertimbangan lah karena di BI juga kan banyak yang lebih pintar secara makro. Tapi keyakinan kita minimal sama ya, minimal tidak ada perubahan," tutur dia singkat.
 
Sebelumnya, Kepala Kajian Makro LPEM Universitas Indonesia (UI) Febrio Kacaribu menilai BI masih perlu mempertahankan suku bunga kebijakannya. Hal tersebut dapat berlangsung selama upaya pemerintah memperbaiki defisit transaksi berjalan terlihat menjanjikan.
 
"Untuk saat ini, masih lebih tepat untuk menunggu dan melihat perkembangan pasar sampai bulan depan," ungkap Febrio, Rabu, 20 Maret 2019.
 
Menurutnya inflasi saat ini terus mendekati batas bawah dari target inflasi bank sentral sebesar 2,5 persen. Inflasi umum kembali menurun di Februari 2019 dengan nilai yang lebih rendah dari perkiraan sebesar 2,57 persen (yoy) dari 2,82 persen (yoy) pada Januari 2019.
 
Selain itu, tren apresiasi rupiah agak tertahan di level Rp14.200 per USD. Namun begitu, rupiah relatif terkendali dibandingkan mata uang negara berkembang lainnya atau menempati posisi ketiga setelah Thailand dan Filipina. Karena itu, BI perlu menahan bunga acuannya di level enam persen.
 
"Bank Indonesia perlu menahan suku bunga kebijakannya bulan ini," imbuh dia.
 
Sepanjang 2018, BI telah menaikkan suku bunga acuan BI 7-Days Repo Rate sebanyak 175 basis poin pada Mei-November. Suku bunga acuan kini berada di level enam persen. Level tersebut tak beranjak selama lima bulan, dari November 2018.
 
BI kembali melakukan Rapat Dewan Gubernur (RDG) pada 24-25 April 2019. Hasil RDG akan diumumkan pada Kamis, 25 April 2019.
 

(SAW)
MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif