Ketua Pelaksana ARA 2018 Mas Achmad Daniri (tengah). (FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu)
Ketua Pelaksana ARA 2018 Mas Achmad Daniri (tengah). (FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu)

Tekan Suap Menyuap, 7 Institusi Gelar Annual Report Award

Ekonomi emiten bei
Annisa ayu artanti • 28 Mei 2019 14:22
Jakarta: Tujuh institusi kembali menyelenggarakan Annual Report Award (ARA) 2018 sebagai upaya untuk transparansi laporan keuangan emiten.
 
Ketua Pelaksana ARA 2018 Mas Achmad Daniri mengatakan kegiatan ini mengangkat tema 'Keakuratan lnformasi untuk Kinerja Perusahaan Secara Berkelanjutan dengan Memenangkan dukungan Stakeholders'.
 
Penyelenggara berharap perusahaan-perusahaan yang menjadi peserta ARA 2018 dapat memiliki kualitas keterbukaan informasi yang baik.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"ARA 2018 bertujuan untuk merevitalisasi kualitas penilaian implementasi governance korporat di perusahaan melalui laporan tahunan yang andal dan akurat," kata Achmad saat konferensi pers di Gedung BEI, Jakarta, Selasa, 28 Mei 2019.
 
Achmad juga menjelaskan ajang ini sebagai upaya menekan korupsi dan suap menyuap yang kerap terjadi pada saat pelaporan laporan keuangan tahunan perusahaan.
 
"Jadi ini membuat orang harus jujur. Jadi diharapkan di aktivitas bisnis kita pun mengarah ke lebih baik. Seperti korupsi tidak adalah suap menyuap juga tidak ada lagi," jelas dia.
 
Achmad menambahkan ARA 2018 akan melakukan terobosan baru dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan dengan menggunakan sistem pakar untuk penilaian laporan tahunan.
 
"Sistem ini selain memberikan kecepatan proses penilaian juga memberikan kesempatan pada peserta untuk mendapatkan umpan balik dari dokumen yang diserahkan secara cepat dan konsisten," jelas dia.
 
Adapun tujuh institusi penyelenggara ARA, yaitu Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI), Kementerian BUMN, Komite Kebijakan Governance (KNKG), Bursa Efek Indonesia (BEI), Direktorat Jendral Pajak (Ditjen Pajak), dan lkatan Akuntan Indonesia (IAI).
 
Periode pendaftaran ARA 2018 dimulai sejak 20 Februari 2019 dan akan ditutup 15 Juli 2019. Untuk proses penilaian mandiri unggah dokumen laporan tahunan akan ditutup pada 5 Agustus 2019.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif