Ilustrasi. (FOTO: AFP)
Ilustrasi. (FOTO: AFP)

Rupiah Siap Tancap Gas

Ekonomi kurs rupiah
14 Januari 2019 08:02
Jakarta: Nilai tukar rupiah hari ini diprediksi kembali menguat setelah ditutup merekah di zona hijau pada penutupan perdagangan pekan lalu. Pergerakan rupiah ditaksir akan berada di di kisaran Rp14.068 sampai Rp14.078 per USD.

Namun demikian, diakui Senior Analyst CSA Research Institute Reza Priyambada, pergerakan ke arah melemah masih membayangi gerak rupiah hari ini.

Pergerakan USD yang dinilai melemah setelah The Fed lebih melunak terhadap kenaikan suku bunganya, sehingga diharapkan dapat membangkitkan rupiah kembali.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"USD bisa kembali melemah sehingga rupiah pun dapat berbalik menguat," kata Reza dalam riset hariannya, Senin, 14 Januari 2019. Reza menjelaskan penguatan rupiah yang terjadi pada penutupan perdagangan pekan lalu didorong oleh beberapa sentimen positif dari dalam negeri.

Beberapa sentimen tersebut di antaranya adalah imbauan Bank Indonesia (BI) kepada perusahaan BUMN maupun korporat lainnya untuk memanfaatkan pasar Domestic Non-Deliverable Forward (DNDF).

Lalu, penilaian BI yang meyakini tekanan inflasi sepanjang 2019 dapat diredam sekalipun ada ancaman penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM).

 


(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi