Illustrasi. MI/RAMDANI.
Illustrasi. MI/RAMDANI.

Alasan BI Yakin Rupiah Menguat di 2020

Ekonomi rupiah menguat
Eko Nordiansyah • 17 Juni 2019 20:44
Jakarta: Bank Indonesia (BI) meyakini nilai tukar rupiah akan menguat terhadap dolar Amerika Serikat (AS) di 2020. Bahkan bank sentral optimistis memasang target yang lebih rendah untuk nilai tukar dibandingkan pemerintah, yakni antara Rp13.900 per USD hingga Rp14.300 per USD.
 
Gubernur BI Perry Warjiyo menyebut ada empat faktor yang akan membuat mata uang rupiah menguat. Pertama adalah prospek ekonomi Indonesia yang akan membaik ditopang oleh inflasi yang lebih rendah serta pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi di tahun depan.
 
"Pertumbuhan ekonomi atau prospek ekonomi yang membaik ini itu saja akan mendorong sentimen yang positif bagi aliran masuk modal asing ke Indonesia baik investasi portofolio maupun PMA," kata dia dalam rapat dengan Komisi XI di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin, 17 Juni 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kedua, kondisi pasar keuangan global diprediksi akan lebih baik tahun depan seiring meredanya tensi perang dagang. Selain itu, bank sentral negara-negara maju di dunia diperkirakan akan menjalankan kebijakan melunak (dovish) dengan tidak menaikkan suku bunga.
 
"Kebijakan bank sentral di berbagai negara termasuk Fed dovish. Bahwa semula diperkirakan akan menaikkan suku bunga dan diperkirakan tidak menaikkan suku bunga bahkan ada kemungkinan Fed itu menurunkan suku bunga. Demikian juga di sejumlah bank sentral lain," jelas dia.
 
Selain itu, sinergi kebijakan antara BI, pemerintah dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mulai menunjukan hasil. Bank sentr bersinergi bagaimana memperbaiki defisit transaksi berjalan, mendorong arus masuk modal asing dan mendorong pertumbuhan ekonomi.
 
Faktor keempat yang akan mendorong penguatan rupiah adalah pendalaman pasar keuangan yang telah dilakukan BI. Saat ini bank sentral memiliki berbagai instrumen untuk memperdalam pasar valuta asing (valas) sehingga pergerakannya lebih baik.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif