Ilustrasi (Foto: Medcom.id/Desi Angriani)
Ilustrasi (Foto: Medcom.id/Desi Angriani)

Bursa Global Menguat, IHSG Berpotensi Rebound

Ekonomi ihsg
Angga Bratadharma • 14 Agustus 2019 08:45
Jakarta: Bursa saham Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Selasa malam berhasil menguat. Indeks Dow naik 1,44 persen, S&P 500 menanjak 1,48 persen, serta Nasdaq menguat 1,95 persen. Penguatan terjadi setelah Presiden AS Donald Trump menunda tarif beberapa produk impor Tiongkok yaitu telepon seluler, laptop, mainan anak, sepatu dan pakaian asal Tiongkok.
 
Sebelumnya, tarif tambahan tersebut dijadwalkan mulai berlaku pada 1 September 2019, namun Presiden Donald Trump mengatakan penundaan tersebut agar tidak membebani penduduk AS pada perayaan natal. Para pelaku pasar merespons optimistis langkah yang dilakukan oleh AS, dan ada sinyal positif akan ternjadinya dialog tentang perang dagang di awal September.
 
Samuel Research Team menilai dialog ini menjadi lanjutan untuk negosiasi dagang yang sebelumnya dilakukan di Beijing. Sentimen positif dari penundaan tarif juga terasa pada bursa Asia, dengan pagi ini Nikkei dibuka naik 0,76 persenm dan Kospi menguat sebanyak 1,14 persen.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kami perkirakan menguat mengikuti pergerakan bursa global," sebut Samuel Research Team, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Rabu, 14 Agustus 2019.
 
Sementara itu, bursa saham Amerika Serikat ditutup lebih tinggi pada Selasa waktu setempat (Rabu WIB). Wall Street bangkit kembali dari kerugian tajam pada hari sebelumnya. Kondisi itu terjadi lantaran pasar saham didukung oleh berkurangnya ketegangan perdagangan Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok.
 
Indeks Dow Jones Industrial Average naik sebanyak 372,54 poin atau 1,44 persen menjadi 26.279,91. Sedangkan S&P 500 naik sebanyak 42,57 poin atau 1,48 persen menjadi 2.926,32. Kemudian indeks Komposit Nasdaq meningkat 152,95 poin atau 1,95 persen menjadi 8.016,36.
 
Saham JD.com melonjak hampir 12,9 persen, setelah raksasa e-commerce Tiongkok melaporkan pendapatan kuartal kedua yang melampaui ekspektasi pasar, didorong oleh pertumbuhan penjualan yang kuat dalam e-commerce.
 
Mayoritas dari 30 saham unggulan di Dow Jones terpantau memperpanjang kenaikan di sekitar penutupan pasar, dengan saham Apple menguat lebih dari 4,23 persen, memimpin kenaikan. Saham penggerak perdagangan yang banyak dilihat, Intel dan Cisco Systems masing-masing naik lebih dari 2,72 persen dan 2,29 persen, di antara yang berkinerja terbaik.
 
Saham semikonduktor, juga peka terhadap hubungan AS-Tiongkok, melonjak di sekitar penutupan perdagagan, dengan Indeks Semikonduktor Philadelphia naik 2,95 persen. Semua dari 11 sektor S&P 500 utama diperdagangkan lebih tinggi di sekitar penutupan pasar, dengan sektor teknologi informasi naik hampir 2,5 persen, memimpin kenaikan.
 

(ABD)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif