Ilustrasi. Medcom/Rizal.
Ilustrasi. Medcom/Rizal.

Bursa Sanksi 13 Emiten yang Belum Sampaikan Laporan Keuangan

Ekonomi bei laporan keuangan
Annisa ayu artanti • 13 Juni 2019 11:32
Jakarta: Bursa Efek Indonesia (BEI) menyampaikan hingga kini terdapat 13 perusahaan tercatat yang belum menyampaikan laporan keuangan yang berakhir per 31 Desember 2018.
 
Mengutip keterbukaan BEI, Kamis 13 Juni 2019, BEI memiliki aturan tentang kewajiban penyampaian informasi laporan keuangan dalam bentuk laporan keuangan auditan yang selambat-lambatnya harus disampaikan pada akhir bulan ketiga setelah tanggal laporan keuangan tahunan.
 
Lalu pada Ketentuan 11.6.2. Peraturan Nomor I-H tentang Sanksi, bursa akan memberikan peringatan tertulis II dan denda sebesar Rp50 juta, apabila mulai hari kalender ke-31 hingga hari kalender ke-60 batas penyampaian laporan keuangan, perusahaan tidak memenuhi kewajiban penyampaian laporan keuangan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian pada Ketentuan 11.6.3 Peraturan Bursa Nomor I-H tentang Sanksi, bursa akan memberikan peringatan tertulis III dan tambahan denda sebesar Rp150 juta, apabila mulai hari kalender ke-61 hingga hari kalender ke-90 perusahaan tercatat tetap tidak memenuhi kewajiban penyampaian laporan keuangan atau menyampaikan laporan keuangan namun tidak memenuhi kewajiban untuk membayar denda sebagaimana dimaksud dalam ketentuan 11.6.2. di atas.
 
Dengan demikian dari batas waktu penyampaian laporan keuangan auditan, bursa mencatat terdapat 13 perusahaan yang belum memenuhi penyampaian laporan keuangan dan pembayaran denda.
 
Adapun rincian 13 perusahaan tersebut adalah sebanyak delapan perusahaan belum menyampaikan laporan keuangan dan belum membayar denda Rp50 juta sehingga dikenakan peringatan tertulis III dan denda Rp150 juta.
 
Lalu, sebanyak lima perusahaan belum menyampaikan laporan keuangan tetapi telah membayar denda Rp50 juta sehingga dikenakan peringatan tertulis III dan denda sebesar Rp150 juta.
 
Berikut 13 nama emiten yang belum menyampaikan laporan keuangan:
1. PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (AISA)
2. PT Apexindo Pratama Duta Tbk (APEX)
3. PT Borneo Lumbung Energi & Metal (BORN)
4. PT Cakra Mineral Tbk (CKRA)
5. PT Bakrieland Development Tbk (ELTY)
6. PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG)
7. PT Eterindo Wahanatama Tbk (ETWA)
8. PT Golden Plantation Tbk (GOLL)
9. PT Evergreen Invesco Tbk (GREN)
10. PT Nipres Tbk (NIPS)
11. PT Sugih Energy Tbk (SUGI)
12. PT Sigmagold Inti Perkasa (TMPI)
13. PT Trikomsel Oke Tbk (TRIO).
 

(HUS)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif