BEI Bidik Transaksi Saham Harian Rp9 Triliun di 2019

Desi Angriani 25 Oktober 2018 13:29 WIB
bei
BEI Bidik Transaksi Saham Harian Rp9 Triliun di 2019
Jajaran direksi BEI. (FOTO: Medcom.id/Desi Angriani)
Jakarta: PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menargetkan rata-rata nilai transaksi harian saham (RNTH) 2019 sebesar Rp9 triliun dengan total 244 hari bursa. Target tersebut ditetapkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB).

Direktur Utama BEI Inarno Djayadi menuturkan target nilai transaksi tersebut didasarkan pada asumsi pertumbuhan ekonomi Indonesia di atas lima persen, proyeksi peningkatan jumlah partisipasi, dan aktivitas transaksi investor di tahun depan.

"Kami masih cukup optimistis dengan target Rp9 triliun ya," kata Inarno dalam sebuah jumpa pers di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis, 25 Oktober 2018.

Menurutnya percepatan siklus penyelesaian transaksi bursa dari sebelumnya T+3 menjadi T+2 bakal mendongkrak nilai transaksi sebesar 30 persen. Apalagi gonjang-ganjing politik tahun depan dapat lebih diredam lantaran Pilpres 2019 hanya dipertarungkan oleh dua pasangan capres dan cawapres.

"Apalagi T2 ada percepatan 30 persen, ini bisa nambah nilai transaksi. Gonjang-ganjing politik juga bisa lebih diredam," imbuhnya.

Di samping itu, layanan pendanaan efek oleh PT Pendanaan Efek Indonesia, serta implementasi program OJK-SRO dalam hal Simplikasi Pembukaan Rekening Efek juga akan menambah nilai transaksi saham harian.

Adapun fokus rencana kerja BEI tahun depan ialah mengembangkan variasi layanan dan peluncuran produk baru seperti produk derivatif berbasis Surat Utang Negara serta pengembangan produk derivatif untuk pasar ekuitas yang meliputi Pengembangan Structured Warrants, Pengembangan Single Stock Futures, Pengembangan Indeks Futures.

"BEI juga berencana meluncurkan berbagai variasi indeks acuan baru, yang diharapkan dapat menjadi acuan baru dalam pengembangan produk investasi oleh pelaku Pasar Modal Indonesia," pungkas dia.

 



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id