IHSG Minus 2,82 Poin
IHSG. ANT/M.Rajasa.
Jakarta: Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah pada penutupan perdagangan hari ini. IHSG mengalami profit taking pada beberapa sektor yang tadinya menopang indeks.

IHSG, Kamis 15 Februari 2018 ditutup ke 6.591 atau minus 2,82 poin atau 0,04 persen. Volume perdagangan mencapai 8,6 miliar lembar saham dengan nilai Rp5,6 triliun. Sebanyak 197 saham menopang indeks, 161 saham turun, 138 saham tak bergerak, dan 118 saham tak diperdagangkan.

Sektor yang anjlok adalah aneka industri, keuangan serta manufaktur. Sektor yang menopang indeks adalah sektor industri dasar dan pertambangan. Pergerakan sektor bervariasi dengan sebagian besar memerah.

Di saat IHSG anjlok, pergerakan bursa acuan di Asia cenderung naik. Bursa acuan Jepang Nikkei 225 naik 310,81. Bursa acuan Tiongkok atau Shanghai SE Composite naik 14,20 poin. Bursa acuan Hong Kong atau HSI naik 599 poin. Indeks acuan Australia atau All Ordinaries Index naik 68,66 poin. Sementara itu Straits Times Index naik 40,65 poin.

Sebelumnya diperkirakan bahwa pergerakan IHSG pada hari ini bakal dibayangi aksi ambil untung yang memanfaatkan tren penguatan sepanjang pekan hingga menembus level 6.594. Meski demikian, sejumlah sentimen positif diharapkan bisa terus berdatangan dan nantinya memperkuat gerak IHSG.

Analis Senior Binaartha Parama Sekuritas Reza Priyambada mengatakan pola kenaikan IHSG akan kembali diuji aksi jual mendadak sebelum memperkuat posisi untuk melanjutkan proses kenaikan jangka menengah dan panjang.

"Tetap waspadai adanya aksi ambil untung yang dapat membuat kenaikan IHSG tertahan. Diharapkan aksi beli masih bisa berlanjut, sehingga proses kenaikan dapat bertahan," ucap Reza, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Kamis, 15 Februari 2018. 




(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id