Bank Danamon. Dok;AFP.
Bank Danamon. Dok;AFP.

Laba Danamon Turun 11% di Kuartal I-2019

Ekonomi bank danamon
Nia Deviyana • 23 April 2019 19:18
Jakarta: PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Bank Danamon) membukukan laba sebesar Rp933 miliar pada kuartal I-2019. Angka ini mengalami penurunan sebesar 11 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.
 
Hal tersebut karena suku bunga acuan Bank Indonesia (BI)7 Day Reverse Repo Rate bertahan di level enam persen. Danamon pun enggan membebankan bunga yang tinggi ke nasabah karena dikhawatirkan bakal angka kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL) bakal naik.
 
"Saya bilang kuartal kemarin enggak cukup prudent, tapi kita tidak pass on ke nasabah karena takut berdampak pada NPL," ujar Chief Financial Officer sekaligus Direktur Bank Danamon Satinder Ahluwalia di kantornya, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa, 23 April 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Satinder memaparkan total portofolio kredit dan trade finance kuartal I-2019 yakni sebesar Rp138 triliun. Angka ini tumbuh enam persen dibandingkan tahun sebelumnya.
 
Satinder mejelaskan pertumbuhan kredit tersebut didukung permintaan konsumen yang kuat di sejumlah segmen kunci, seperti consumer mortgage dan pembiayaan kendaraan bermotor melalui Adira Finance.
 
Di samping itu, lanjut Satinder, bank juga mencatatkan kualitas aset yang sehat dengan rasio NPL sebesar 2,8 persen, atau mengalami penurunan yang cukup baik dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 3,2 persen.
 
"Terkait kinerja, kredit yang kami salurkan terus bertumbuh khususnya di sejumlah segmen bisnis, termasuk consumer mortgage, pembiayaan kendaraan bermotor, enterprise banking, dan perbankan UKM," imbuh Satinder.
 
Dia pun merinci portofolio kredit consumer mortgage tumbuh 27 persen menjadi Rp8,3 triliun. Sementara kredit di segmen enterprise banking yang terdiri dari perbankan korporasi, perbankan komersial, dan institusi keuangan naik tujuh persen menjadi Rp39,5 triliun.
 
Untuk segmen UKM tercatat pertumbuhan sebesar enam persen menjadi Rp31,1 triliun. Di luar perbankan mikro, total portofolio kredit dan trade finance tumbuh 10 persen menjadi Rp136,4 triliun dibandingkan tahun sebelumnya.

 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif