Ilustrasi (MI/RAMDANI)
Ilustrasi (MI/RAMDANI)

Indeks Acuan Indonesia Diperkirakan Bergerak Terbatas

Ekonomi ihsg
Angga Bratadharma • 26 Maret 2019 08:45
Jakarta: Semalam bursa saham Amerika Serikat (AS) bergerak datar dengan indeks Dow Jones, S&P, dan Nasdaq semua ditutup pada level yang relatif sama dengan posisi penutupan akhir minggu lalu. Sedangkan Nikkei pagi ini dibuka menguat 1,1 persen setelah tertekan sebanyak tiga persen kemarin.
 
Sedangkan di Singapura, Samuel Research Team mengungkapkan, Strait Times Index dibuka turun 0,91 persen pada pagi ini. Penurunan imbal hasil surat utang Pemerintah AS yang masih berlanjut telah meningkatkan kekhawatiran pasar akan pelemahan ekonomi global.
 
Imbal hasil surat utang Pemerintah AS 10 tahun turun di bawah 2,4 persen untuk pertama kalinya sejak Desember 2017, dan meningkatkan kemungkinan the Fed untuk menurunkan suku bunganya. Hal itu dilakukan guna mengimbangi pertumbuhan ekonomi, terutama memitigasi risiko yang bisa muncul kapan saja dan di mana saja.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Rupiah masih bergerak stabil di Rp14.160 per USD. Kami memperkirakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan bergerak terbatas pagi ini, namun dengan potensi kembali menguat di siang hari," ungkap Samuel Research Team, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Selasa, 26 Maret 2019.
 
Perundingan dagang AS-Tiongkok kembali berlanjut di Tiongkok dengan delegasi AS di level kabinet. Di Inggris, PM Theresa May kehilangan kendali atas proses Brexit setelah kalah suara di DPR. Hal ini membuka jalan bagi parlemen Inggris untuk meminta May menjalankan opsi Plan B yang berpotensi mengadakan referendum kedua atau membatalkan Brexit.
 
Di sisi lain, indeks Dow Jones Industrial Average naik 14,51 poin atau 0,06 persen menjadi 25.516,83 poin. Indeks S&P 500 turun 2,35 poin atau 0,08 persen menjadi 2.798,36 poin. Indeks Komposit Nasdaq turun 5,13 poin atau 0,07 persen menjadi 7.637,54 poin.
 
Saham Apple turun lebih dari 1,21 persen, setelah raksasa teknologi itu mengumumkan serangkaian layanan-layanan baru pada Senin 25 Maret, karena perusahaan berusaha memperluas area pertumbuhan pendapatan untuk mengimbangi melemahnya penjualan iPhone.
 
Apple meluncurkan layanan video streaming yang disebut Apple TV Plus yang menampilkan konten yang diproduksi Apple, dan layanan berlangganan baru, yang menambahkan konten majalah ke aplikasi Apple News.
 
Saham Boeing naik hampir 2,29 persen, setelah raksasa produsen pesawat AS itu dilaporkan mengundang tiga maskapai penerbangan AS pada akhir pekan untuk meninjau pembaruan perangkat lunak untuk armada 737 MAX-nya, yang telah mengalami dua kecelakaan fatal selama lima bulan terakhir.
 

(ABD)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif