Ilustrasi. (FOTO: Medcom.id/Desi Angriani)
Ilustrasi. (FOTO: Medcom.id/Desi Angriani)

Gerak IHSG Akan Tertahan

Ekonomi ihsg
Annisa ayu artanti • 27 Juni 2019 08:21
Jakarta: Ketidakpastian eksternal membuat laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini bergerak tertahan.
 
Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi mengatakan investor lebih mengimbangi prospek kebijakan bank sentral Amerika Serikat (The Fed) yang kurang agresif karena dibayangi ancaman pertumbuhan global.
 
Lanjar memprediksi laju indeks hari ini akan diperdagangkan di level 6.230-6.340 dengan pergerakan cenderung melemah.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami perkirakan IHSG masih akan bergerak tertahan dengan kecenderungan melemah," kata Lanjar dalam riset hariannya, Kamis, 27 Juni 2019.
 
Selain mengimbangi prospek kebijakan The Fed, Lanjar juga menjelaskan investor tengah menunggu pertemuan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Tiongkok Xi Jinping yang membahas mengenai perang dagang.
 
Sementara dari dalam negeri, menurut Lanjar, belum ada sentimen yang bisa mendongkrak pergerakan IHSG.
 
"Ramainya rencana kebijakan potongan pajak oleh pemerintah tidak mampu mendongkrak pergerakan IHSG," ujar dia.
 
Di sisi lain, Analis Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya masih optimistis laju indeks masih mengikuti pola uptrend. Menurutnya, IHSG masih dalam terkonsolidasi wajar sehingga bisa dijadikan peluang melakukan akumulasi pembelian.
 
"Hari ini potensi kenaikan masih terlihat dalam pergerakan IHSG. Hari ini IHSG diperdagangkan di level 6.257-6.488," sebut William.
 
Beberapa saham yang bisa diperhatikan investor hari ini adalah saham PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA), PT Semen Gresik Tbk (SMGR), PT Barito Pacific Tbk (BRPT), PT Gudang Garam Tbk (GGRM), PT HM Sampoerna Tbk (HMSP), dan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS).
 
Lalu cermati pula saham PT Kalbe Farma Tbk (KLBF), PT Nippon Indosari Corporindo Tbk (ROTI), PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP), PT HM Sampoerna Tbk (HMSP), PT Summarecon Agung Tbk (SMRA), dan PT Jasa Marga Tbk (JSMR).
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif