Ilustrasi pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) - - Foto: Medcom/ Ade Hapsari
Ilustrasi pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) - - Foto: Medcom/ Ade Hapsari

Capai Target 2025, RI Butuh Tambahan 1.000 MW PLTS per Tahun

Ekonomi pembangkit listrik plts Energi Terbarukan
Suci Sedya Utami • 26 November 2020 11:36
Jakarta: Indonesia memiliki target bauran energi baru terbarukan sebesar 23 persen di 2025. Dari besaran tersebut, subsektor tenaga surya berkontribusi sebesar 6.500 megawatt (MW).
 
Ketua Asosiasi Energi Surya Indonesia (AESI) Andhika Prastawa mengatakan dibutuhkan tambahan kapasitas daya terpasang pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) sebesar 1.000 MW setiap tahun.
 
Saat ini kapasitas terpasang PLTS di seluruh Indonesia masih kurang dari 200 MW. Artinya dibutuhkan masih ada selisih atau gap yang sangat besar untuk bisa mencapai target lima tahun mendatang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan dibagi rata maka dalam lima tahun mendatang mungkin lebih dari 1.000 MW harus terpasang setiap tahun agar mencapai target 6.500 M," kata Andhika dalam Virtual The 9th EBTKE ConEx, Kamis, 26 November 2020.
 
Andhika menambahkan berbagai upaya harus dilakukan untuk mendorong pencapaian target tersebut. Salah satunya melalui kebijakan pengembangan PLTS atap atau rooftop. Jika PLTS rooftop dapat dipercepat, maka target kontribusi PLTS secara nasional tersebut bisa dicapai.
 
"Ini salah satu cara mendorong penggunaan PLTS tanpa membebani anggaran negara," ujar dia.
 
Di sisi lain, target bauran energi tidak hanya bisa dicapai jika mengandalkan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Namun dibutuhkan kerja sama dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

 
Misalnya mendorong perusahaan-perusahaan negara seperti PT Angkasa Pura, PT Pelabuhan Indonesia, dan BUMN lainnya untuk memanfaatkan penggunaan PLTS atap di wilayah operasinya.
 
"AESI berharap Kementerian BUMN dapat mendorong tercapainya target EBT khususnya energi surya," pungkas Andhika.  
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif