Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto: MI/Adam Dwi
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto: MI/Adam Dwi

Wapres: Ekonomi RI Bergantung pada Teknologi Digital di Masa Pandemi

Ekonomi transformasi digital maruf amin
Husen Miftahudin • 25 November 2020 18:19
Jakarta: Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan pandemi covid-19 memengaruhi hampir seluruh aspek kehidupan. Beberapa aktivitas sosial ekonomi kini banyak dilakukan secara online atau menggunakan teknologi digital.
 
Kehadiran pandemi menunjukkan jika seluruh sektor sangat bergantung pada teknologi digital. Karena dengan teknologi digital, seluruh aktivitas selama pandemi masih tetap bisa berjalan.
 
"Pandemi menunjukkan betapa tergantungnya kita terhadap teknologi digital dalam menjalankan aktivitas selama pandemi. Kita masih tetap dapat melanjutkan aktivitas pemerintahan, pendidikan, dan komunikasi sosial selama pandemi dengan memanfaatkan teknologi digital tersebut," ujar Ma'ruf dalam Penutupan Indonesia Fintech Summit & Pekan Fintech Nasional 2020 yang digelar secara virtual di Jakarta, Rabu, 25 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam bidang ekonomi misalnya, hampir seluruh sektor terdampak oleh pandemi. Namun, kegiatan ekonomi mulai berjalan secara perlahan dengan menggunakan bantuan teknologi digital.
 
"Dalam bidang ekonomi meskipun terdampak sangat parah, tapi kegiatan ekonomi tetap dapat berjalan berkat bantuan teknologi," tuturnya.
 
Hasil survei Bank Dunia juga menunjukkan bahwa kegiatan ekonomi yang memanfaatkan teknologi digital atau melakukan aktivitas pemasaran secara online, mengalami penurunan lebih kecil. Sementara bagi mereka yang memasarkannya secara offline justru mengalami penurunan tajam.
 
Melihat kondisi tersebut, Ma'ruf menekankan bahwa peran teknologi sangat penting. Tak terkecuali juga pada sektor keuangan dan juga perekonomian secara keseluruhan.
 
"Karena itu, bagi pemerintah dukungan terhadap pengembangan fintech menjadi prioritas utama saat ini maupun pascapandemi covid-19 nanti," pungkas Wakil Presiden.  
 
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif