Illustrasi. - - dok Reuters
Illustrasi. - - dok Reuters

Industri Potong Gaji Karyawan Demi Bertahan dari Covid-19

Ekonomi buruh Berita Virus Corona Hari Ini
Ilham wibowo • 03 April 2020 20:58
Jakarta: Sejumlah industri dan pelaku usaha terpaksa memotong gaji karyawan demi bertahan di tengah darurat virus korona. Opsi tersebut diambil agar perusahaan tidak melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).
 
Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) bidang Industri Manufaktur Johnny Darmawan mengatakan perusahaan dengan keuangan yang kuat masih bisa bertahan secara normal meskipun arus kas atau cash flow-nya terhambat.
 
Sementara perusahaan dengan keuangan yang rentan, melakukan restrukturisasi dengan pemotongan gaji karyawan. Langkah itu diambil setelah melakukan musyawarah dengan para karyawan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dulu saya pernah lakukan itu di Toyota, saya ajak bersama-sama untuk mengurangi gaji, over time kami atur-atur dan kemudian kami jelaskan kepada karyawan bahwa kita harus melakukan ini supaya kita hidup," kata Johnny kepada Medcom.id, Jumat, 3 April 2020.
 
Dengan restrukturisasi keuangan, perusahaan punya ruang yang cukup untuk bertahan sampai beberapa bulan ke depan. Karena itu, pemotongan gaji dilakukan agar perusahaan tidak mengalami kebangkrutan hingga merumahkan karyawan.
 
"Kami berusaha maksimal dan untuk kali ini kami tidak tidak bisa, perusahaan juga punya keterbatasan keuangan dan segala macam, karyawan juga tidak boleh dirugikan dan di-PHK juga jangan dong," ungkapnya.
 
Ia pun meminta karyawan atau tenaga kerja memahami eksistensi industri manufaktur terutama sektor yang paling terdampak covid-19. Terlebih, stimulus pemerintah bagi industri manufaktur belum cukup untuk menjamin perusahaan tak gulung tikar.
 
"Kami mengusahakan supaya karyawan tidak dikorbankan dan kami juga tidak dikorbankan. Kalau kami-kami dikorbankan ya gampang saja tinggal PHK dan itu bukan jalan hidup kami. Nah sekarang ini kita duduk dengan Pemerintah apa yang bisa kita perbuat sehingga kita bisa tarik nafas panjang, mudah-mudahan nanti akan recovery," paparnya.
 

(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif