Menparekraf Sandiaga Uno/Istimewa.
Menparekraf Sandiaga Uno/Istimewa.

Perluas Lapangan Kerja, Sandiaga Dorong Santri Berwirausaha

Media Indonesia.com • 16 Agustus 2022 06:41
Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berupaya memperluas lapangan pekerjaan di Indonesia. Salah satunya dengan menciptakan wirausahawan baru, sehingga membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.
 
Dia mendorong santri mengambil peran menjadi wirausaha dengan memberikan pelatihan beternak lele di Yayasan Pondok Pesantren Sekolah Alam Tunas Mulia, Bantar Gebang, Bekasi. Pelatihan tersebut berkolaborasi dengan Rumah Siap Kerja (RSK) dan Rumah Sandi Uno Indonesia (RSI).
 
"Dengan adanya lele ini tadi dijual per kilo Rp25 ribu, penghasilan warga meningkatkan dan ekonominya semakin terangkat," ujar Sandiaga dikutip dari Media Indonesia, Selasa, 16 Agustus 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain tata cara beternak, Sandiaga juga memberi pelatihan pengolahan lele. Ikan air tawar itu dapat dijadikan berbagai olahan dengan nilai ekonomi cukup tinggi.
 

Baca: Menparekraf: Program Juragan Lele Bangkitkan Ekonomi Warga Bantargebang


"Produk-produk turunannya sudah ada, mulai dari lele crispy, lele asap, pempek ikan lele, kerupuk ikan lele, serta lele frozen," kata Sandiaga.
 
Sandiaga mengatakan program ini dapat meningkatkan penghasilan warga. Sebab lele menjadi solusi dalam menumbuhkan produk UMKM serta perekonomian masyarakat Bantar Gebang.
 
"Itulah yang ingin saya hadirkan dari program ini agar inflasi yang menghantam masyarakat kelas bawah dapat kita solusikan," kata dia.
 
Dia menilai produk olahan turunan lele mampu meningkatkan nilai ekonomi sebesar dua hingga tiga kali lipat. Sandiaga juga memberikan bantuan peralatan usaha yakni peniris minyak, pisau khusus fillet ikan, vacum sealer, plastik vacuum, drum asap, dan chooper.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif